comscore

Hati-hati, Ada Aplikasi MyPertamina Palsu

Lufthi Anggraeni - 05 Juli 2022 06:40 WIB
Hati-hati, Ada Aplikasi MyPertamina Palsu
Pertamina mengimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap aplikasi MyPertamina palsu.
Jakarta: Setelah resmi digunakan sebagai medium pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar, beredar versi palsu dari aplikasi My Pertamina yang telah membuka pendaftaran kendaraan dan identitas, juga via situs, sejak tanggal 1 Juli lalu.

Proses pendaftaran ini mengharuskan pengguna layanan MyPertamina untuk memasukan data identitas pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), foto kendaraan dan dokumen lain.
Sayangnya, pihak Pertamina menyebut menemukan aplikasi MyPertamina versi tidak resmi. Hal ini disampaikan melalui salah satu unggahan pada akun media sosial resminya, sekaligus sebagai cara mereka untuk mengedukasi masyarakat.

Dalam unggahan tersebut, Pertamina mengedukasi pengguna agar dapat membedakan aplikasi MyPertamina asli dan palsu. Salah satunya yaitu bahwa aplikasi MyPertamina resmi hanya dapat diunduh dan diinstal dari Google Play Store dan App Store.

Aplikasi yang diunduh dari selain dua toko aplikasi tersebut dipastikan bukanlah aplikasi MyPertamina resmi yang dibuat dan ditawarkan oleh PT Pertamina (Persero). Pengguna smartphone hanya perlu mengetik MyPertamina pada kolom pencarian Google Play Store atau App Store.

Setelah aplikasi muncul di hasil pencarian, artinya pengguna dapat mengunduh dan menginstal aplikasi dengan aman. Salah satu situs tidak resmi yang ditemukan menyediakan aplikasi MyPertamina palsu adalah https://apkboat.com/en/my-pertamina-app.

Sebagai informasi, menggunakan aplikasi tidak resmi ini memiliki potensi terkait pencurian data pengguna, sebab saat melakukan pendaftaran, pengguna diwajibkan untuk mengisi data identitas pribadi mereka.

Selain itu, aplikasi tidak resmi ini memiliki potensi menjadi celah bagi pengguna untuk terjerat modus penipuan dan penyalahgunaan identitas pribadi. Karenanya, pihak Pertamina mengimbau masyarakat lebih waspada sebelum mengunduh aplikasi MyPertamina.

Sebelumnya, sebagian besar pengguna perangkat Android memberikan rating bintang satu untuk aplikasi MyPertamina pada halamannya di Google Play Store atas berbagai alasan. Sebagian besar alasan yang diutarakan pemberi nilai tersebut adalah akibat kesulitan yang mereka hadapi pada proses pendaftaran.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id