Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020

    Ellavie Ichlasa Amalia - 24 Juli 2019 11:53 WIB
    Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020
    Kumpulan robot dari Toyota.
    Jakarta: Dalam Olimpiade dan Paralimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Toyota akan memegang peran penting dalam menyediakan transportasi dan menjamin mobilitas para pengunjung. 

    Perusahaan asal Jepang itu telah menampilkan sekumpulan robot yang akan mereka gunakan di Olimpiade tahun depan.

    Masing-masing robot akan memiliki peran penting dalam mendukung para atlet dan pengunjung untuk berpindah tempat, mendapatkan informasi, memindahkan peralatan dari satu tempat ke tempat lain, dan lain sebagainya. 

    Robot-robot tersebut memiliki desain yang beragam. Ada yang menyerupai manusia, ada pula desain yang menyerupai mesin biasa. Ialah Someity dan Miraitowa, dua robot yang Toyota buat berdasarkan maskot olimpiade, lapor TechCrunch.

    Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020
    Someity (kiri) dan Miraitowa (kanan). 

    Robot berwarna pink dan biru ini akan tampil untuk menyambut pengunjung. Keduanya memiliki kamera dan mata digital yang bisa menampilkan ekspresi ketika pengunjung berinteraksi dengan mereka. Para pengunjung juga bisa mengambil foto bersama kedua robot ini. 

    Dua robot ini juga bisa menggerakkan kaki dan tangan mereka. Nantinya, keduanya akan dikirimkan ke kota-kota lain di Jepang. Tujuannya untuk memudahkan anak-anak di kota lain untuk menikmati Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo. 

    Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020

    Robot lain yang memiliki desain humanoid adalah T-HR3. Ia memiliki fungsi serupa dengan dua robot maskot di atas. Namun, robot ini tidak terlihat imut dan memiliki fitur artikulasi yang lebih kompleks.

    Ia bisa meniru gerakan robot maskot secara real-time, menyiarkan gambar dan suara dari jauh ke tempat Olimpiade diadakan, serta menjadi telepresence bot yang dapat meniru gerakan para fans Olimpiade yang tak ada di tempat. Robot ini bisa "berbicara" dan memberikan high-five, ungkap Toyota. 

    Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020

    Sementara T-TR1 adalah teleprsence robot yang memiliki roda, kamera, dan layar vertikal super besar. Ia bisa menayangkan video dengan ukuran sama seperti aslinya. Robot ini juga memungkinkan Anda untuk mengobrol dengan atlet Olimpiade dan para pengunjung di Tokyo. 

    Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020

    Dua robot berikutnya dibuat sebagai pasangan, yaitu Human Support Robot (HSR) dan Delivery Support Robot (DSR). HSR pada dasarnya berfungsi untuk mengarahkan pengunjung di tempat acara ke tempat duduk. Ia juga bisa digunakan untuk membawa kudapan, sovenir, dan beban ringan lainnya. 

    Sementara DSR, yang baru pertama kali digunakan di Olimpiade, merupakan robot yang bertujuan untuk mengantarkan minuman ke pengunjung, yang bisa melakukan pemesanan via tablet. 

    Someity dan Miraitowa, 2 Robot Maskot Olimpiade 2020

    Terakhir adalah Field Support Robot (FSR). Robot berbentuk kotak dengan roda ini memiliki peran penting dalam olahraga yang mengharuskan para atlet untuk melemparkan sesuatu dalam jarak jauh.

    Fungsi FSR adalah untuk mencari rute terbaik untuk mengambil perlatan seperti tombol dan mengembalikan alat itu ke tempat semula serta mencatat hasil lemparan atlet. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id