Google Resmi Luncurkan Android 11

    Lufthi Anggraeni - 09 September 2020 10:41 WIB
    Google Resmi Luncurkan Android 11
    Google secara resmi merilis Android 11 dan tersedia di sejumlah perangkat selain Pixel.
    Jakarta: Google secara resmi meluncurkan Android 11 setelah selama beberapa bulan terakhir merilis versi beta dari sistem operasi mobile terbarunya tersebut. Sistem operasi ini dirilis secara lebih luas jika dibandingkan dengan prediksi.

    Mengutip The Verge, Android 11 tidak hanya tersedia pertama kali pada perangkat Pixel, tapi juga sejumlah ponsel karya produsen lain seperti OnePlus, Xiaomi, Oppo dan realme. Versi akhir dari Android 11 ini kini tersedia pada smartphone Pixel 2, 3, 3A, 4, dan 4A.

    OnePlus juga telah mengonfirmasi bahwa OnePlus 8 dan 8 Pro yang berlokasi di wilayah Amerika Utara, Eropa dan India akan mulai menerima pembaruan Android 11 di hari peluncurannya melalui Open Beta, serupa Oppo X2 dan Reno 3.

    Google berjanji untuk menggulirkan sistem operasi ini ke lebih banyak perangkat karya mitranya, termasuk dengan melakukan upgrade selama beberapa bulan mendatang. Android 11 menambahkan berbagai fitur baru untuk sistem operasi mobile Google.

    Namun secara keseluruhan, update ini kurang terfokus dalam menambahkan fungsionalitas baru dan memudahkan pengguna untuk mengelola berbagai hal yang dapat dilakukan oleh ponsel. Perubahan terbesar yaitu cara Android 11 menangani percakapan dengan mengelompokan notifikasi grup dari aplikasi pesan ke dalam satu bagian khusus di bar notifikasi drop-down.

    Selain itu, Android 11 juga menambahkan antarmuka serupa gelembung Facebook Messenger untuk memudahkan pengguna dalam mengaksesnya. Tersedia juga kendali media baru, antarmuka screenshot baru, menu kendali smart home level sistem.

    Menu kendali smart home ini dapat diakses dengan menekan tombol daya selama beberapa saat. Android 11 ini juga didukung pengaturan perizinan lebih ketat. Android 11 akan tersedia di beberapa ponsel pada hari peluncurannya, namun terdapat sejumlah fitur yang hanya tersedia secara eksklusif untuk perangkat Pixel.

    Fitur eksklusif tersebut termasuk fitur berbagi lokasi dengan dukungan teknologi Augmented Reality (AR), ditujukan untuk mempermudah pengguna saat ingin bertemu dengan rekan. Fitur lainnya yaitu fungsionalitas Google Smart Reply versi terintegrasi di Gboard dan pada lebih banyak aplikasi chat, serta penamaan folder secara cerdas. 

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id