Warganet Pakai Ethereum Demi Sebarkan Berita Tersensor

    Ellavie Ichlasa Amalia - 25 Juli 2018 13:08 WIB
    Warganet Pakai Ethereum Demi Sebarkan Berita Tersensor
    Ilustrasi: Wired
    Jakarta: Warganet Tiongkok menggunakan teknologi blockchain untuk membagikan berita yang disensor tentang vaksin kualitas rendah yang diberikan pada bayi. 

    Hal ini berawal ketika usaha para netizen menyebarkan laporan investigasi tentang perusahaan ternama yang memberikan vaksin kualitas rendah terus dihapus oleh badan penyensoran pemerintah.

    Para warganet kemudian memasukkan laporan ini ke dalam metadata transaksi cryptocurrency. Dengan begitu, laporan itu tidak bisa dihapus oleh badan sensor, lapor TechNode

    Laporan ini membahas tentang pernyataan pemerintah terkait perusahaan Changchun Changsheng Biotechnology yang telah memberikan vaksin yang lebih lemah pada bayi berumur tiga bulan.

    Vaksin untuk tetanus dan batuk rejan itu tidak bisa meningkatkan sistem imunitas sang bayi. Changchun menggunakan vaksin kualitas rendah ini untuk meningkatkan keuntungan yang mereka dapat dan menjadi pembuat vaksin terbesar di Tiongkok, lapor The Verge

    Ketika laporan ini dirilis, banyak pengguna internet Tiongkok yang menggunakan media sosial untuk menunjukkan rasa marah mereka atas sistem vaksinasi yang bermasalah dan tidak efisien.

    Mereka lalu mencoba untuk menyebarkan berita yang berjudul "Raja Vaksin" yang ditulis oleh pengguna internet dengan nama samaran "Beast". Namun, konten yang mereka bagikan juga langsung dihapus. 

    Pada 22 Juli, para warganet menggunakan jaringan blockchain Ethereum. Satu alamat Ethereum mengirikan 0,001 Ether (sekitar Rp 7 ribu) dan menempelkan teks dari laporan penelidikan pada metadata transaksi, sehingga semua orang bisa melihatnya. 

    ?Mengingat Ethereum itu sangat tidak terpusat, sulit untuk mengutak-atik jaringannya. Dengan begitu, pemerintah tidak bisa ikut campur dan memaksa pemilik jaringan untuk menghapus transaksi tersebut.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id