WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch Meluncurkan Kampanye Literasi Digital

    Lufthi Anggraeni - 19 Maret 2021 16:05 WIB
    WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch Meluncurkan Kampanye Literasi Digital
    Kominfo, WhatsApp dan ICT meluncurkan Kampanye Literasi Digital selama satu tahun.



    Jakarta: WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch meluncurkan Kampanye Literasi Digital yang akan berlangsung selama setahun untuk melawan penyebaran disinformasi sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap perlindungan data pribadi.

    “Pandemi telah memaksa kita untuk bermigrasi, termasuk untuk bisnis dan sekolah, dari luring ke ranah daring. Namun, akselerasi digitalisasi juga berpengaruh terhadap isu privasi dan perlindungan data pribadi serta disinformasi, termasuk yang berkaitan dengan COVID-19 dan vaksinasi,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Samuel A. Pangerapan.






    Oleh karena itu, Samuel menyebut bahwa pengetahuan dan keterampilan digital sangat diperlukan agar masyarakat Indonesia dapat berkembang di era ini. Dengan demikian Kominfo berharap akan ada lebih banyak inisiatif seperti yang dilakukan oleh WhatsApp dan ICT Watch di masa mendatang.

    Salah satu program dalam rangkaian kampanye ini adalah memberikan pelatihan kepada lebih dari 20.000 orang di pelosok Indonesia, mulai dari siswa, guru, orang tua, hingga komunitas-komunitas lokal dan para pelaku UMKM.

    Kampanye ini diharapkan dapat membekali masyarakat Indonesia dengan cara menjaga privasi dan keamanan mereka dalam ranah daring. Selain itu, edukasi cara mengidentifikasi hoaks, terutama terhadap isu seputar COVID-19, juga menjadi fokus dari program ini guna terus mendukung upaya pemerintah menangani pandemi.

    Kampanye ini mengusung lima program utama yang menjadi landasan kampanye ini, yaitu Roadshow Seminar & Lokakarya Literasi Digital, Kelas Daring, Gerakan Kaum Muda Anti Hoaks Covid-19, serta Serial Video dan Siniar (Podcast).

    Tahun ini, kampanye dimulai dengan peluncuran Roadshow Literasi Digital 2021 dengan penyelenggaraan pertama di Belitung, Bangka Belitung. WhatsApp, Kominfo, dan ICT Watch akan mengunjungi 12 kota baru sepanjang roadshow tahun ini.

    Dengan tambahan kota baru tersebut, program Roadshow Literasi Digital ditargetkan menjangkau total 31 kota di Indonesia pada akhir tahun ketiga kemitraan ketiga pihak ini.

    Global Head of WhatsApp Will Cathcart menyebut bahwa pihaknya meyakini peningkatan literasi digital dapat mendukung pemanfaatan teknologi yang positif dan membawa kebaikan.

    Melalui kerja sama dengan ICT Watch selama dua tahun terakhir ini, WhatsApp menyebut telah memberikan pelatihan literasi digital kepada lebih dari 17.000 orang di seluruh Indonesia, termasuk pelajar, guru, aktivis, komunitas lokal, dan pengusaha kecil di 19 kota.

    Sejalan dengan kampanye literasi ini, Ketiga pihak tersebut juga mempersiapkan program Gerakan Kaum Muda Anti Hoaks Covid-19, mencakup 31 kota yang dipilih berdasarkan indeks literasi digital serta jumlah penyebaran hoaks seputar Covid-19 dan vaksin.

    Melalui program ini, pemuda-pemudi terpilih akan dilatih dan dibina untuk mengembangkan solusi kreatif yang dipadukan dengan budaya dan bahasa lokal mereka. WhatsApp dan ICT Watch juga akan membantu memastikan solusi yang mereka ajukan mudah diakses oleh segmen komunitas tertentu, seperti para ibu dan generasi lebih tua.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id