Facebook Akuisisi Kompetitor Google Street View

    Lufthi Anggraeni - 22 Juni 2020 12:03 WIB
    Facebook Akuisisi Kompetitor Google Street View
    Facebook mengakuisisi perusahaan platform pemetaan pesain Google Street View.
    Jakarta: Facebook mengakuisisi perusahaan pemetaan dengan pendanaan massal berbasis di Swedia bernama Mapillary untuk nilai yang tidak diungkapkan. Diluncurkan pada tahun 2013 lalu sebagai aplikasi iPhone, Mapillary merupakan platform pemetaan yang mengambil gambar yang dikirimkan pengguna.

    Platform ini memiliki komunitas lokal, dan gambar dari pengguna di komunitas ini disatukan untuk menciptakan peta level jalan yang terus berkembang secara terus-menerus, seperti laporan TechSpot.

    Mapillary menambahkan dukungan untuk pengguna Android pada awal tahun 2014, dan pada tahun 2019 lalu, database Mapillary berisi hampir lebih dari miliaran foto. Sebaliknya, perusahaan seperti Google memanfaatkan tim internal untuk memotret gambar level jalan untuk digunakan di Google Maps.

    Strategi ini memberikan Google kendali lebih baik terhadap kualitas foto yang dipotret namun juga berarti bahwa gambar diupdate lebih jarang jika dibandingkan dengan jaringan pengguna berskala besar yang dimiliki oleh Mapillary.

    Co-founder Mapillary Jan Erik Solem menyebut bahwa perusahaannya akan terus hadir sebagai platform global untuk gambar, data peta dan memperbaiki pemetaan. Pengguna masih akan menggunakan platform untuk mengunggah gambar seperti biasa.

    Selain itu, pengguna juga masih dapat menggunakan data dari foto yang telah tersedia di platform. Selanjutnya, seluruh gambar di Mapillary juga akan terbuka untuk penggunaan komersial tanpa pembebanan biaya.

    Sebelumnya, Facebook mendaftarkan dua tuntutan hukum pada pekan lalu terhadap dua operator dari dua situs yang menyalahgunakan platform miliknya. Kedua situs ini menjual Like di Instagram serta memanen password dan informasi pengguna Facebook.

    Tuntutan ini diumumkan pada unggahan di blog resmi Facebook, dan merupakan informasi terbaru terkait rangkaian litigasi yang didaftarkan perusahaan ini selama satu setengah tahun terakhir. Sementara itu memaknai Hari Keluarga Nasional (Harganas), Facebook meluncurkan jenis grup terbaru yakni pengasuhan anak (parenting).

    Jenis grup ini ditujukan untuk mempermudah orang tua dalam menemukan komunitas yang tepat dengan membuatnya menjadi lebih aman dan mudah saat berinteraksi. Jika admin memilih jenis grup pengasuhan anak, mereka akan mendapatkan akses ke tiga fitur unik yang telah disesuaikan untuk pengalaman pengasuhan anak.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id