Instagram Hadirkan Stiker Baru untuk Lawan Perundungan

    Lufthi Anggraeni - 24 Oktober 2019 08:21 WIB
    Instagram Hadirkan Stiker Baru untuk Lawan Perundungan
    Instagram melanjutkan komitmennya memerangi bullying dengan merilis stiker Create Don't Hate baru.
    Jakarta: Perundungan atau lebih dikenal masyarakat sebagai bullying, masih menjadi momok dalam kehidupan sosial manusia. Jika sebelum era internet mewabah, bullying lebih mengacu pada lontaran komentar dan tindak kekerasan fisik secara langsung, kini telah merambah ke jejaring sosial.

    Instagram menjadi salah satu jejaring sosial dengan pengguna terbanyak dan paling aktif saat ini. Tidak hanya untuk berbagi kreativitas, namun sejumlah pengguna tidak bertanggung jawab turut memanfaatkan Instagram untuk melakukan perundungan terhadap pengguna lainnya.

    Menyadari hal ini, Instagram berkomitmen untuk memerangi tindak perundungan dari jejaring sosialnya. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui ajakan untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian dalam bentuk stiker yang baru saja diluncurkan.

    Koleksi stiker bertajuk Create Don’t Hate ini tersedia untuk digunakan pengguna pada fitur Instagram Stories. Selain ajakan untuk tidak menyebarkan ujaran kebencian, koleksi stiker ini menjadi bentuk dukungan Instagram untuk penggunanya.

    Melalui stiker ini, Instagram berharap dapat membantu mencegah pengguna mengalami dan melihat perilaku perundungan di jejaring sosialnya, serta mendorong perilaku dan interaksi yang lebih positif.

    Pengguna yang melihat stiker ini pada Stories pengguna lain dapat mengetuknya guna mendapatkan informasi terkait dengan bullying. Salah satunya menyuarakan penentangan Instagram terhadap perundungan secara online.

    “Instagram menentang perundungan online. Apa yang dikatakan orang-orang secara online, juga dapat menyakiti secara offline. Bantu kami menjaga Instagram agar tetap aman dengan menggunakan stiker ini untuk menentang perundungan, mendukung teman, atau menyebarkan hal positif di Instagram.”

    Untuk dapat ikut menyebarkan pesan ini, pengguna dapat menggunakan stiker dengan cara mengakses fitur Stories pada aplikasi Instagram, kemudian menciptakan konten berupa foto atau video, mengakses galeri stiker di fitur dan memilih salah satu stiker dari koleksi tersebut.

    Stiker baru ini melengkapi koleksi stiker Create Don’t Hate sebelumnya, yang diluncurkan pada bulan Agustus 2019 lalu. Koleksi stiker ini telah tersedia untuk pengguna di seluruh dunia. Tidak hanya soal bullying, Instagram turut menyadari bahwa mayoritas penggunanya merupakan generasi muda, dan tidak sedikit juga merupakan pengusaha.

    Karenanya, Instagram mengumumkan kehadiran kurikulum Akademi Instagram berupa podcast, memungkinkan pengusaha muda Indonesia mempelajari kurikulum Akademi Instagram melalui aplikasi Inspigo.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id