comscore

Jajaran Smartphone Terbaik 2021

Mohammad Mamduh, Lufthi Anggraeni, Cahyandaru Kuncorojati - 15 Desember 2021 10:08 WIB
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Jajaran smartphone terbaik sepanjang 2021 menurut Editor's Choice Medcom.id.
Jakarta: Masih dalam situasi pandemi, tahun 2021 bisa dibilang sebagai tahun harapan untuk berbagai industri bisnis, termasuk industri smartphone. Situasi yang cenderung membaik membuat rasa optimisme muncul terhadap daya beli masyarakat. Di sisi lain, berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia, harus tetap waspada terhadap kemunculan varian Omicron. 

Seperti yang sudah kita ketahui, pandemi Covid-19 mengubah pola hidup manusia, dan punya dampak besar terhadap ekonomi global. Setelah sekitar satu tahun lebih bekerja dan belajar dari rumah, sebagian orang mungkin merasakan bahwa gaya kerja seperti ini lebih fleksibel. Ini bisa saja berdampak terhadap penjualan smartphone atau tablet. 
Vendor smartphone berusaha untuk tetap konsisten dalam meluncurkan produk terbaru mereka sepanjang tahun 2021. Medcom.id kali ini kembali menyajikan daftar ponsel terbaik rekomendasi kami yang telah diuji sepanjang tahun. Seperti sebelumnya, kami menguji ponsel yang beredar secara resmi, dan hanya yang resmi tersedia di Indonesia.

Pilihan ponsel terbaik kami harapkan bisa membantu pembaca ketika membeli ponsel pada akhir tahun, mungkin saat promo akhir tahun dari berbagai ecommerce untuk pribadi atau hadiah kepada orang lain. Daftar rekomendasi ini juga sebagai wujud penghargaan atas kerja keras produsen.

Setidaknya, kami telah menguji 45 jenis HP atau smartphone yang meluncur sejak awal Januari sampai 10 Desember. Smartphone yang meluncur setelah tanggal itu akan masuk dalam hitungan 2022. Di bawah ini adalah daftar ponsel yang telah kami jajal.
 
KELAS SMARTPHONE
Entry-Level: realme narzo 30A, Samsung Galaxy A02s, Samsung Galaxy M02, Samsung Galaxy A02
Mid-Low: realme narzo 50A, Infinix Hot 10S, realme 8i, realme C25s, realme C25Y, realme C25, realme 8 5G, Redmi 10, Poco M3 Pro 5G, Redmi Note 10 5G, Redmi Note 10, Redmi Note 10s, Pco M3, Samsung Galaxy M12, Redmi 9T, Samsung Galaxy M22, Redmi Note 10 Pro, Samsung Galaxy M32, Samsung Galaxy A21s, Samsung Galaxy A12
Mid-High: realme GT Neo2, Poco X3 Pro, realme GT Master Edition, Poco X3 GT, realme GT, Samsung Galaxy M52 5G, Asus Zenfone 8, Xiaomi 11T Pro, Xiaomi Mi 11 Lite, Samsung Galaxy A52s 5G, realme 8 Pro, Infinix Zero X Pro, Samsung Galaxy A52, Samsung Galaxy M62
Premium: Xiaomi Mi 11, Vivo X60 Pro, Samsung Galaxy S21+ 5G, Vivo X70 Pro, Asus ROG Phone 5, Asus ROG Phone 5 Ultimate, Samsung Galaxy Z Fold3

Kami membagi rekomendasi produk berdasarkan empat kategori harga: Entry-level pada rentang harga Rp1-2 juta, kelas Mid-Low dengan kisaran Rp2-4 juta, Mid-High untuk ponsel dengan banderol Rp4-8 juta. Untuk tahun ini kelas Premium hadir dengan rentang harga lebih dari Rp8 juta. 

Dalam setiap kelas harga, kami mengambil sekitar tiga sampai tujuh ponsel terbaik. Perlu diketahui bahwa posisi teratas bukan berarti yang terbaik di kelasnya. Kami memberikan beberapa pilihan agar konsumen bisa melihat lebih dari satu vendor yang mampu menawarkan produk menarik. Alasannya, setiap smartphone punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Rekomendasi kami untuk tahun 2021 ini juga sedikit berbeda dalam daftar rekomendasi kami. Untuk segmen Mid-Low dengan kisaran Rp2-4 juta, kami memberikan tujuh rekomendasi terbaik, lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Begitu juga untuk segmen Mid-High, kami memberikan rekomendasi lima HP. Ini karena sepanjang 2021, cukup banyak smartphone yang meluncur pada rentang harga tersebut, dan cukup banyak varian yang menawarkan fitur unik atau kelebihan lain yang layak diperhitungkan.

Anda bisa pilih nama smartphone di bawah ini untuk menyambung ke tautan halaman ulasan atau review dari smartphone tersebut.

Inilah Ponsel Terbaik 2021 versi Medcom.id.
 

Entry-Level

realme Narzo 30A (4/64GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Menurut Medcom.id, realme Narzo 30A membuktikan janjinya sebagai smartphone gaming kelas entry-level karena mampu memainkan game mobile populer dengan pengalaman yang mulus. Harganya yang dibanderol Rp1.899.000 menurut kami pantas dinilai sebagai produk yang menarik.


Samsung Galaxy A02s
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Samsung Galaxy A02 mungkin bukanlah perangkat premium, namun tetap mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan termasuk saat bermain game, berkat performa baik serta dukungan layar luas.
 
Meskipun demikian, ponsel ini mungkin tidak sesuai bagi Anda yang gemar memotret dalam kondisi pencahayaan redup. Dengan penawaran harga Rp2 juta, ponsel ini akan sesuai untuk menemani aktivitas online lainnya.


Samsung Galaxy M02 (2/32GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Samsung Galaxy M02 menurut kami pantas untuk dibeli dan tidak cuma mengandalkan kapasitas baterai besar. Pengalaman menggunakan smartphone ini menunjukan Samsung Galaxy M02 masih bisa diandalkan meskipun dibanderol dengan harga ramah kantong.
 
Namun smartphone ini tetap kurang optimal untuk bermain game di kualitas grafis rendah atau ringan sekalipun sehingga memang lebih pas digunakan bagi pengguna yang mungkin bukan tergolong gamer.
 

Mid-Low 

realme Narzo 50A (4/64GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Di harga Rp2.099.000 untuk varian realme narzo 50A yang kami ulas penggunanya sudah bisa mendapatkan pengalaman memuaskan untuk bermain game maupun kemampuan fotografi. 
 
Beberapa kekurangan yang ditemukan masih bisa memberikan pengalaman penggunaan yang baik tanpa harus menyiapkan dana cukup banyak untuk memiliki smartphone yang bisa diandalkan.
 

Infinix Hot 10S (6/128GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Infinix Hot 10S pantas jadi salah satu pilihan smartphone gaming di harga terjangkau. Smartphone ini menawarkan performa yang memuaskan di harga ramah kantong. Tetap ada sejumlah kekurangan yang menurut kami masih bisa diperbaiki.


realme 8i (4/64GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Menurut Medcom.id realme 8i mengambil momen yang bagus untuk membawa refresh rate 120Hz ke harga yang terjangkau. Hal ini akan mendorong pemahaman gamer mobile bahwa refresh rate ikut menentukan pengalaman terbaik dalam bermain game. 
 
realme 8i varian 4+64GB dibanderol Rp2.499.000 dan versi 6+128GB di harga Rp2.899.000 pada harga ritel. Keduanya akan dipasarkan dengan potongan harga pada flash sale tanggal 25 November 2021 menjadi masing-masing Rp2.399.000 dan Rp2.899.000.


Poco M3 Pro 5G (6/128GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Poco M3 Pro 5G pantas untuk mengklaim titel smartphone 5G termurah di Indonesia tapi tidak memiliki tampilan dan spesifikasi yang murahan. Performanya ternyata mumpuni dengan tampilan sangat menarik dan berbeda di seri warna Poco Yellow.


Redmi Note 10 Pro (8/128GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Redmi Note 10 Pro merupakan salah satu smartphone kelas mid-range atau menengah terbaik. Ia mampu menyediakan desain menarik sekaligus spesifikasi memuaskan sebagai peningkatan dari standar spesifikasi di kelas tersebut.


Samsung Galaxy M32 (8/128GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Dengan bekal baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh yang diunggulkannya, Samsung Galaxy M32 dapat digunakan selama berjam-jam, sesuai untuk mendampingi Anda melakukan berbagai aktivitas tanpa khawatir kehabisan daya saat tidak diinginkan.
 
Selain itu, pengisian daya smartphone ini tergolong cepat atau jika dapat dikatakan standar untuk ukuran baterai 5.000 mAh. Layar Super AMOLED beresolusi Full HD+, refresh rate 90Hz juga menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan.
 
Performa multitasking ponsel cerdas ini juga cukup dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, meski kurang maksimal untuk gaming tingkat kompetitif. Sebagai informasi, Galaxy M32 ditawarkan kisaran harga Rp3 juta.


Samsung Galaxy A12 (4/128GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Samsung Galaxy A12 hadir dengan desain menarik, kualitas kamera baik, dan daya tahan baterai lama menjadi beberapa hal yang akan mendukung kenyamanan Anda dalam menggunakan smartphone ini.
 
Tampilan antarmuka yang tidak jauh berbeda dengan perangkat Samsung lain memudahkan Anda yang telah menggunakan perangkat Samsung sebelumnya untuk beradaptasi dengan lebih mudah.
 
Sayangnya, penggemar foto di malam hari mungkin harus berkompromi saat memotret sebab Samsung belum membekali ponsel ini dengan mode malam, meski kualitas foto di pencahayaan redup masih bisa ditolerir.
 

Mid-High

realme GT Neo2 (12/256GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
realme GT Neo2 pantas menjadi pengganggu pasar smartphone 5G dengan spesifikasi tinggi di Indonesia yang berlomba menawarkan harga terjangkau. Desainnya diakui sudah sangat menarik perhatian ditambah performanya yang tergolong memuaskan.


Poco X3 GT (8/256)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Poco X3 GT sudah tersedia di pasar Indonesia dengan harga Rp4.799.000 untuk varian 8/256GB. Harga ini memang cukup bersaing dengan beberapa produk kompetitor, sebagian orang mungkin akan menganggap ia punya banderol yang lebih mahal ketimbang produk pesaingnya. 
 
Namun, perlu diingat bahwa smartphone ini memiliki identitas Poco, yang menawarkan spesifikasi tinggi di kelas harga yang lebih rendah. Desainnya mungkin tak lebih keren dari seri pendahulunya, tetapi ia menawarkan beberapa kemampuan yang sudah menjadi ekspektasi para pengguna produk Poco.


Samsung Galaxy M52 5G
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Dukungan konektivitas jaringan 5G menjadikan Samsung Galaxy M52 5G ini menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin membeli perangkat 5G namun tidak memiliki anggaran besar, dan juga menginginkan perangkat dengan performa baik.
 
Selain itu, meski tidak mengunggulkan kemampuan kamera, Samsung Galaxy M52 5G tetap mampu menyuguhkan hasil foto yang baik, termasuk berkat dukungan sejumlah fitur penunjang seperti Night Mode, Macro, Super Slowmo, hingga Portrait yang memungkinkan Anda untuk berkreasi.
 
Hadir dengan bodi tipis dan berbobot ringan, Anda justru harus berhati-hati saat menyimpan ponsel dalam saku, jangan sampai melupakannya. Pengguna Samsung Galaxy M52 5G juga disarankan untuk menggunakan sasis eksternal guna menghindari kesan licin dan noda sidik jari akibat lapisan mengkilat yang membalut bodi belakang ponsel ini.


Xiaomi 11T Pro (12/256GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Medcom.id mengakui Xiaomi 11T Pro merupakan salah satu pilihan smartphone flagship high-end yang patut dilirik apabila Anda mencari dengan harga yang terjangkau. Pengalaman yang didapatkan dari menggunakan Xiaomi 11T Pro sangat memuaskan dengan desain perangkat yang elegan dan tetap memiliki kesan mewah.


Samsung Galaxy A52s 5G (8/256GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Menurut Medcom.id perangkat Samsung Galaxy A52s 5G menawarkan produk yang berkualitas dengan fitur terbaik di seri kelas menengah Samsung. Tentu saja hal ini harus dibayarkan dengan harga yang tidak murah dibandingkan kompetitornya.

Namun bagi konsumen yang sudah mengenal kualitas perangkat Samsung dan layanan after sales mereka, tentu saja Samsung Galaxy A52s 5G bisa menjadi perangkat pilihan terbaik apabila belum memiliki dana yang cukup untuk meminang Samsung Galaxy S21 Series.
 

High-End 

Xiaomi 11
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Menurut Medcom.id smartphone Mi 11 dari Xiaomi pantas disebut flagship high-end dengan harga ramah kantong di kelasnya yang tetap menawarkan kemampuan memuaskan.


Samsung Galaxy S21+ 5G (8/128GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021
Selain desain unik dan elegan, Samsung Galaxy S21+ 5G menyuguhkan pengalaman penggunaan menyenangkan berkat performa kencang, keunggulan di ranah kamera serta daya tahan baterai yang lama.
 
Hanya saja, Anda mungkin tidak dapat menikmati teknologi pengisian daya cepat 25W ini tanpa kepala charger yang sesuai, kecuali membeli aksesori ini secara terpisah. Dan kami menilai bahwa seluruh keunggulan ini sepadan dengan harga yang dibanderol Samsung untuk smartphone ini.


Asus ROG Phone 5 Ultimate (18/512GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021

Review Asus ROG Phone 5 Ultimate, Smartphone Gaming yang Makin Sempurna - Medcom.id
Menurut kami Asus ROG Phone 5 Ultimate masih berhasil mempertahankan tahta smartphone gaming terbaik lewat fitur yang lengkap untuk membuatnya berbeda dari smartphone lain yang sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 888 dari Qualcomm.
 

Special Mention


Samsung Galaxy Z Fold3 (12/256GB)
Jajaran Smartphone Terbaik 2021

Galaxy Z Fold3 menjadi ponsel cerdas terbaik Samsung hingga saat ini, dengan durabilitas lebih baik dan dukungan S Pen, serta bekal fitur multitasking dan layar depan dengan refresh rate 120Hz yang lebih baik dari smartphone lipat generasi sebelumnya.
 
Usungan dimensinya yang lebih kecil turut menjadi salah satu keunggulan yang dihadirkan Samsung pada perangkat terbaru Samsung ini. Sayangnya, perangkat ini masih tergolong berat saat dalam kondisi terlipat.
 
Ditawarkan dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perangkat ini masih tergolong mahal dan hanya dapat dijangkau bagi konsumen beranggaran besar.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id