comscore

Qualcomm akan Ubah Skema Penamaan SoC Unggulan

Lufthi Anggraeni - 16 November 2021 14:50 WIB
Qualcomm akan Ubah Skema Penamaan SoC Unggulan
Qualcomm berencana untuk mengubah skema penamaan chipset Snapdragon, dari chipset unggulan.
Jakarta: Qualcomm telah menggunakan skema penamaan khas pada chipset karyanya hingga beberapa tahun lalu, saat perusahaan asal Amerika Serikat ini memperluas lini produk yang mulai tumpang tindih satu sama lain.

Hal ini menimbulkan kesulitan dalam membedakan dua chipset jika dibandingkan berdasarkan nama yang diusungnya. Mengutip GSM Arena, kini Qualcomm berencana untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan mengubah skema penamaan.
Skema penamaan baru ini akan mulai diusung oleh SoC unggulan terbaru yang dijadwalkan akan menyapa masyarakat pada bulan Desember mendatang. Tipster Ice Universe mengunggah kicauan menyebut bahwa Qualcomm berencana untuk menamai chipset yang sebelumnya dirumorkan sebagai Snapdragon 898 dengan nama Snapdragon 8 gen1.

Perubahan nama ini diperkirakan juga akan digunakan oleh lini perangkat lainnya, ditujukan untuk mempermudah masyarakat mengetahui generasi dan posisi dari masing-masing chipset baru tersebut.

Meskipun demikian, dengan banyaknya chipset Snapdragon yang akan dirilis dan digunakan secara aktif pada satu waktu, sejumlah pihak menilai akan selalu ada peluang bagi penamaan chipset ini kembali mengalami tumpang tindih.

Sebelumnya pada bulan Oktober lalu, Qualcomm memberikan kejutan, dengan mengumumkan kehadiran sejumlah chipset terbaru dari seri Snapdragon 7 hingga Snapdragon 4 termasuk yang 5G dan 4G. Semua chipset yang diperkenalkan mengisi masing-masing kelas smartphone di pasar.
 
Di seri mid-high atau menengah ke atas tersedia chipset Snapdragon 778G Plus 5G kemudian di bawahnya atau seri menengah (middle) ada Snapdragon 695 5G dan Snapdragon 680 4G. Terakhir, di entry level ada Snapdragon 480 Plus 5G.

Sementara itu sejak beberapa tahun lalu, Qualcomm terus mengembangkan program Snapdragon Elite Gaming. Snapdragon Elite Gaming adalah komitmen pengembangkan performa chipset Snapdragon dari Qualcomm untuk meningkatkan pengalaman bermain game di smartphone yang targetnya bisa mengejar performa sekelas PC.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id