Inilah Para Pemenang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER

    Lufthi Anggraeni - 25 Januari 2019 08:19 WIB
    Inilah Para Pemenang Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER
    CBN mengumumkan pemenang dari kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER.



    Bandung: Cyberindo Aditama (CBN) mengumumkan pemenang kompetisi Hackathon 2019: HACKBDGWEATHER. Kompetisi yang berlangsung dari tanggal 23 Januari 2018 lalu, menasbihkan tim pengembang Permanent Betadev, sebagai juara pertama kompetisi ini.

    “Kompetisi ini menjadi upaya mengembangkan teknologi IP Weather melalui kreativitas developer muda Indonesia. Kami berharap kompetisi ini tidak hanya melahirkan inovasi teknologi IP Weather, juga memberikan ilmu dan pengalaman bernilai bagi peserta,” ujar Chief Operating Officer CBN Marcelus Ardiwinata.






    Sementara itu, tim pengembang NaviCuaca dan NiteLogin berhasil meraih juara kedua dan ketiga. Tim Permanent Betadev menelurkan aplikasi bertajuk Seedplan, berkemampuan memberikan rekomendasi tanaman yang sesuai dengan kondisi cuaca untuk bercocok tanam.

    Sedangka, tim pengembang NaviCuaca menghasilkan aplikasi NAVICUACA, menggabungkan aplikasi Google Maps dengan informasi cuaca, guna menampilkan informasi di wilayah yang ingin dituju.

    Tim pengembang NiteLogin memenangi kompetisi ini berkat aplikasi bertajuk KUSMANA, sistem pengendalian titik kemacetan berbasis pengawasan cuaca.

    Untuk pemerintah, sistem ini akan memberikan informasi terkait pertimbangan keputusan pengendalian lalu lintas, sedangkan untuk pengguna, aplikasi ini akan memberitahukan rute lain yang tidak terpengaruh cuaca.

    Melalui kompetisi yang terdiri dari waktu coding selama 10 jam ini, peserta ditantang untuk menciptakan aplikasi berbasis data terkait cuaca yang dihimpun oleh alat sensor IP Weather, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

    Alat sensor IP Weather tersebut telah terpasang di sejumlah kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat. Alat ini bertugas menghimpun data terkait cuaca seperti suhu dan kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, radiasi matahari dan sinar UV.

    Data cuaca tersebut dikirimkan ke Weather Station API, memungkinkan data dapat disajikan secara langsung, namun disaring berbasis sensor dan waktu yang diinginkan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id