Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Ideal untuk Bangun Markas di Bulan

    Riandanu Madi Utomo - 23 Oktober 2017 10:16 WIB
    Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Ideal untuk Bangun Markas di Bulan
    Ilmuwan Jepang temukan lokasi ideal untuk bangun markas di Bulan
    medcom.id: Ilmuwan Jepang dilaporkan telah menemukan lokasi yang tepat untuk membangun markas di Bulan. Ini tentu akan sangat menarik, mengingat NASA dan badan antariksa dunia lainnya sedang mempertimbangkan untuk membangun fasilitas khusus di satelit alami Bumi tersebut.

    Menurut IFL Science, lokasi markas tersebut berada di Marius Hills yang merupakan salah satu wilayah di Bulan. Di lokasi tersebut, ilmuwan Jepang menemukan sebuah kubah lava yang terbentuk secara alami dan memiliki ukuran yang sangat besar sehingga bisa dijadikan sebagai lokasi yang paling ideal untuk membangun markas di Bulan.

    Kubah lava merupakan gua yang sangat besar dan terbentuk dari aliran lava sebelum akhirnya membeku. Kubah lava ini diperkirakan sudah ada sejak miliaran tahun saat Bumi dan Bulan pertama kali terbentuk di tata surya.

    Ilmuwan Jepang Temukan Lokasi Ideal untuk Bangun Markas di Bulan

    Lalu apa hubungannya kubah lava dengan markas di Bulan? Sebagaimana yang telah diketahui, bulan memiliki atmosfer yang sangat tipis. Hal tersebut membuat radiasi kosmik dan asteroid dapat menghantam apa saja yang ada di permukaan Bulan kapanpun itu. Tentu saja ilmuwan tidak ingin markas manusia pertama di Bulan hancur karena dihantam asteroid.

    Yang paling menarik dari kubah lava ini adalah ukurannya. Ilmuwan sudah melakukan observasi lebih lanjut dan diperkirakan kubah tersebut memiliki luas hingga lebih dari satu kilometer dan kedalaman lebih dari 100 meter. Kubah ini juga diperkirakan merupakan bagian dari jaringan kubah lava lainnya yang memiliki luas total lebih dari 60 kilometer.

    Apakah kota Bulan buatan manusia pertama bakal dibuat di tempat tersebut?



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id