USB 3.2 Bakal Gantikan USB 3.0 dan USB 3.1, Apa Bedanya?

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Maret 2019 11:05 WIB
    USB 3.2 Bakal Gantikan USB 3.0 dan USB 3.1, Apa Bedanya?
    Ilustrasi port USB. (Getty Images)
    Jakarta: Pada perangkat dengan port USB biasanya akan tertera informasi di bagian deskripsi seperti USB 3.0 atau USB 3.1. Penamaan generasi jenis port USB ini akan menentukan kecepatan trasnfer data yang disediakan pada suatu perangkat.

    Selama ini, sebagian besar perangkat masih menggunakan USB 3.0 dan USB 3.1. Namun tidak lama lagi akan hadir generasi terbaru yaitu USB 3.2, dikutip dari Tom's Hardware. Kabar ini diumumkan oleh USB Implementer Forum (USB-IF) dalam acara MWC 2019 kemarin.

    USB-IF mengumumkan bahwa teknologi USB 3.2 akan menyediakan kecepatan transfer data dua kali lebih cepat dari USB 3.1. Apabila USB 3.1 mampu menyediakan kecepatan 10Gbps, maka USB 3.2 memiliki kecepatan hingga 20Gbps.

    Sementara USB 3.0 hanya menyediakan kecepatan transfer data maksimal 5Gbps. Artinya, penggunaan USB 3.2 akan membuat kebutuhan transfer data semakin cepat mengingat ukuran data saat ini semakin besar untuk beragam jenis data atau konten.

    Demonstrasi implementasi transfer data menggunakan USB 3.2 sudah dilakukan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat bernama Synopsys. Disebutkan bahwa teknologi USB 3.2 menggunakan sistem dual channel sehingga menyediakan bandwidth lebih besar untuk transfer data.

    Berbeda dari USB konvensional atau generasi sebelumnya yang menggunakan single channel. Oleh Synopsys dijelaskan bahwa kemampuan transfer data USB 3.2 akan bisa menyaingi kemampuan yang disajikan oleh jenis USB Type-C.

    Selain memperkenalkan USB 3.2, USB-IF juga menyatakan akan ada perubahan nama untuk generasi USB port sebelumnya. USB 3.0 yang sebelumnya dikenal sebagai USB 3.1 Gen 1 akan berubah menjadi USB 3.2 Gen 1 dan USB 3.1 yang awalnya dikenal USB 3.1 Gen 2 menjadi USB 3.2 Gen 2.

    Penamanaan ini yang dilakukan dari sisi teknis ini memang akan membingungkan. USB 3.2 yang baru saja diperkenalkan justru akan disebut sebagai USB 3.2 Gen 2x2. Namun dari sisi marketing, USB 3.2 tersebut akan dikenal dengan menyajikan SuperSpeed USB 20Gbps.

    Sejauh ini belum diketahui tanggal teknologi USB 3.2 tercanggih ini akan mulai dijumpai pada perangkat teknologi di pasar. Kemungkinan besar, teknologi ini baru akan muncul akhir 2019.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id