hp  

Unboxing

Membedah Kotak Ultrabook Mewah, HP Spectre 13

Cahyandaru Kuncorojati - 09 Juli 2018 12:05 wib
HP Spectre 13 (2018).
HP Spectre 13 (2018).

Jakarta: Saat istilah ultrabook dipopulerkan, mayoritas orang mungkin sudah mengetahui bahwa istilah tersebut ditujukan kepada laptop yang mengunggulkan desain super tipis. Hal ini juga yang menjadi salah satu keunggulan dai laptop seri Spectre dari HP.

Sejak lama Spectre dikenal sebagai seri ultrabook dari HP, Medcom.id sendiri baru saja kedatangan laptop terbatu dari Spectre yakni HP Spectre 13 (2018) dan yang seperti kami duga hadir dengan kemasan cukup mewah.

HP Spectre 13 (2018) hadir dengan ukuran kotak yang tidak terlalu besar mengingat laptop ini sendiri mengusung layar 13 inci dengan dimensi bodi 12 x 8,8 inci dan ketebalan 0,4 inci. Boks kemasannya hadir dengan warna putih dan tulisan "SPECTRE" menggunakan tinta warna emas.

Pada bagian sisinya terdapat logo HP yang juga menggunakan tinta berwarna emas yang desainnya menggunakan garis geometri, berbeda dengan logo HP yang biasanya dijumpai pada produk laptop mereka selain seri Spectre.



Setelah membuka tutup boksnya, kami menemukan laptop HP Spectre 13 yang dibalut dengan warna putih dengan warna metalik seperti rose gold di bagian engselnya. Melihat tampilan luarnya, maka tidak heran apabila ultrabook ini disebut mewah tidak hanya dari ukurannya tapi juga tampilannya.

Begitu kami berusaha menggenggamnya untuk membuka plastik yang membungkusnya, kami menyadari bahwa wajar apabila ultrabook HP Spectre sejak dulu selalu diinginkan oleh sebagian orang.

Laptop HP Spectre 13 (2018) hadir dengan ketebalan 0,4 inci dan bobot hanya sekitar 1kg sangat ringan digenggam satu tangan.



Di bagian bahwa alas laptop HP Spectre 13 (2018) terdapat beberapa aksesori pendamping, seperti adapter charger dan kabelnya. Menariknya, terdapat dua jenis kepala adaptor charger, pertama adalah yang disertai dengan kabel serta hanya kepalanya.

Jadi apabila Anda menggunakan kepala charger yang memiliki kabel maka Anda charger laptop HP Spectre 13 bisa memiliki jarak yang lebih panjang ketimbang kepala adaptor charger yang tidak memiliki kabel.

Sementara, apabila Anda menggunakan kepala adaptor charger yang tanpa kabel maka charger laptop ini akan terlihat menyerupai charger laptop Apple MacBook. 



Kami juga menemukan berkas seperti buku panduan dan compact disc software dari laptop HP Spectre 13 (2018) terdapat sebuah kabel konektor atau adapter USB Type A-to-Type C. Laptop ini memang hanya memiliki USB Port Type-C oleh sebab itu HP tidak mau mempersulit penggunanya untuk menyiapkan kabel konektor.

Sayangnya, satu kabel konektor saja mungkin tidak cukup apabila penggunanya membutuhkan mouse sekaligus printer untuk terhubung lewat USB port. Dalam boks luar yang ukurannya lebih besar, ternyata HP menyertakan soft case untuk menyimpan laptop tersebut saat dibawa.



Ekspektasi Medcom.id tidak salah bahwa laptop jenis ultrabook ini tidak hanya mewah dari tampilan produknya, tapi juga kemasannya. HP Spectre 13 dibanderol Rp20 juta juga sudah ditanamkan oleh prosesor Intel Generasi ke-8 Core i7-8550U, Medcom.id juga tidak sabar segera menguji performanya dalam waktu dekat.


(MMI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.