Charles Geshcke, Penemu Format PDF dan Pendiri Adobe Telah Wafat

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 April 2021 10:04 WIB
    Charles Geshcke, Penemu Format PDF dan Pendiri Adobe Telah Wafat
    Charles Geschke, pendiri Adobe sekaligus pencipta format dokumen digital PDF. (Getty Images)



    Jakarta: Dunia teknologi kehilangan salah satu tokoh yang mungkin tidak sepopuler Mark Zuckerberg tapi memiliki jasa yang sangat penting bagi perkembangan teknologi. Pria itu bernama Charle Geschke yang wafat di usia 81 tahun.

    Geschke adalah satu pendiri perusahaan software ternama yaitu Adobe. Kabar meninggalnya sudah dikonfirmasi oleh CEO Adobe, Shantanu narayen dalam email yang dibagikan ke semua pegawai perusahaannya.






    Dikutip dari The Verge, Charles Geschke adalah sosok yang menciptakan dokumen digital format Portable Document Format alias PDF. Format dokumen digital ini memungkinkan sebuah dokumen bisa diakses di komputer dengan sistem operasi maupun software yang berbeda

    Kehadiran format file PDF sangat membantu siapapun saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 1993. Hal ini membuat komputer yang tidak memiliki software sama tetap bisa mengakses dokumen selama dalam format PDF.

    Penelusuran Medcom.id menemukan bahwa hak cipta inovasi dokumen digital format PDF dipegang oleh Adobe hingga tahun 2008 dan setelah itu berubah menjadi milik publik alias bisa digunakan siapa saja.

    Perusahaan software Adobe sendiri didirikan oleh Geschke dan John Warnock di tahun 1982 setelah keduanya mundur dari perusahaan ternama Xerox. Dia juga termasuk sosok berjasa yang memimpin pengembangan aplikasi Adobe Photoshop.

    Di tahun 2009, Geschke dan Warnock mendapatkan penghargaan National medal of Technology dari Presiden AS Barack Obama saat itu atas kontribusinya di bidang teknologi dan inisiatif mendirikan Tech Museum of Innovation atau yang kini menjadi Tech Interactive, sebuah museum teknologi dan sains di Silicon Valley, California.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id