Sepi Akibat Pandemi, Warnet Jadi Korban Tren Mining Aset Kripto

    Cahyandaru Kuncorojati - 16 Februari 2021 10:08 WIB
    Sepi Akibat Pandemi, Warnet Jadi Korban Tren Mining Aset Kripto
    Warnet di Vietnam berubah menjadi tempat tambang aset kripto. (Tin Hoc Ngoi Sao/Star Computer)



    Jakarta: Tren tambang atau mining aset kripto masih ramai di sejumlah negara. Kini bukan cuman hardware seperti kartu grafis maupun laptop gaming yang jadi korban, warnet atau internet cafe yang sepi selama pandemi jadi sasaran selanjutnya.

    Di Vietnam sejumlah warnet atau internet dilaporkan sepi pengunjung akibat pandemi Covid-19. Hal ini memaksa pengelola atau pemilik harus tetap mencari pendapatan dari aset berupa komputer atau PC yang sudah dimiliki.




    Dikutip dari situs Videocardz.com kini sejumlah warnet di Vietnam ikut terjun ke bisnis mining aset kripto atau cryptocurrency. Kabarnya sejumlah pemilik mengklaim pendapatan yang dihasilkan dari nilai aset atau uang kripto jauh lebih menguntungkan dibandingkan bisnis warnet.

    Pengakuan ini beredar di media sosial Facebook. Sebuah akun bernama Tin Hoc Ngoi Sao membagikan foto warnetnya yang diketahui juga bagian dari bisnis toko hardware komputer Star Computer.

    Sepi Akibat Pandemi, Warnet Jadi Korban Tren Mining Aset Kripto

    Di sini diperlihatkan sejumlah rak mining aset kripto yang berisi banyak kartu grafis. Diketahui bahwa kartu grafis merupakan hardware yang menjadi alat untuk menambang aset kripto. Informasi yang tertera menyebutkan bahwa di sini digunakan kartu grafis jenis NVIDIA GeForce RTX 3080.

    Di pasar, NVIDIA GeForce RTX 3080 merupakan kartu grafis generasi terbaru dari NVIDIA yang punya performa tinggi. Saat ini stok produk tersebut mengalami kelangkaan di pasar yang salah satu penyebabnya adalah banyak pelaku mining aset kripto membeli dalam jumlah banyak.

    Meskipun begitu kegiatan tersebut dianggap merusak pasar hardware dan merugikan konsumen lainnya. Kartu grafis yang digunakan untuk menambang aset kripto akan bekerja tanpa henti sehingga usianya singkat dan performa semakin buruk.

    Padahal kartu grafis tersebut ditujukan bagi gamer yang penggunaannya tidak berat seperti kegiatan menambang aset kripto. Efeknya, banyak dari gamer menunda melakukan upgrade spesifikasi PC mereka karena sulit mendapatkan barang dan harga jual yang tidak normal.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id