YouTube Mau Tambah Fitur Baru, Subscriber Sedikit Tetap Dapat Uang

    Cahyandaru Kuncorojati - 18 Februari 2021 10:32 WIB
    YouTube Mau Tambah Fitur Baru, Subscriber Sedikit Tetap Dapat Uang
    Ilustrasi fitur Applause di YouTube. (YouTube)



    Jakarta: Platform video terkenal YouTube kemarin merilis sejumlah pengumuman terbaru di blog resmi mereka. Di sini Chief Product Officer YouTub, Neal Mohan membagikan sejumlah rencana pengembangan YouTube ke depannya termasuk monetisasi bagi para kreator atau YouTuber.

    Satu rencana yang menarik adalah YouTube akan menambahkan fitur bernama Applause yang memungkinkan kreator dengan jumlah subscriber sedikit tetap bisa mendapatkan uang.






    Dikutip dari Mashable, fitur Applause serupa dengan Super Chat yang dirilis di beberapa negara. Fitur Super Chat sendiri memungkinkan penonton mendonasikan uang atau memberikan uang tip kepada YouTuber saat live streaming, sekilas fitur ini mirip seperti yang dimiliki Twitch.

    Perbedaannya adalah fitur Applause akan tersedia untuk video pre-recorded alias yang sudah direkam lebih dulu kemudian diunggah atau upload ke YouTube.

    Nanti akan muncul ikon Applaud di dekat tombol Like dan Dislike. Saat penonton memiliki ikon Applaud maka akan muncul pilihan jumlah uang yang didonasikan atau diberikan kepada YouTube. Selanjutnya sang kreator atau YouTuber akan menerima notifikasi tersebut.

    Pihak YouTube menyebutkan fitur ini masih dalam tahap uji coba dan nantinya komentar dari penonton yang memberikan donasi juga akan muncul di video yang diunggah oleh kreator alias YouTuber.

    Jadi kreator atau YouTube dengan jumlah subscriber sedikit tetap memiliki peluang untuk bisa mendapatkan pendapatan selama konten video mereka dinilai menarik oleh penonton.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id