Aplikasi Smartwatch Google Masuk Apple Watch

    Lufthi Anggraeni - 19 Oktober 2020 13:33 WIB
    Aplikasi Smartwatch Google Masuk Apple Watch
    YouTube Music justru pertama kali di Apple Watch dan bukan di perangkat Wear OS.
    Jakarta: YouTube Music telah diluncurkan di Apple Watch, tersedia pertama kali di smartwatch sebelum versi Wear OS resmi, dan hanya secara lebih jauh mengilustrasikan permasalahan Google yang masih berlangsung dengan platform wearable pesaingnya.

    Mengutip The Verge, aplikasi yang tersedia untuk pelanggan YouTube Music Premium dan YouTube Premium, berbekal fitur yang sama seperti aplikasi yang diluncurkan di iOS, namun sekarang dalam versi watchOS yang ringkas.

    Pengguna dapat memutar musik, mengendalikan pemutaran, dan bahkan mentransmisikan musik dari jam tangan cerdas, lengkap dengan kompilasi untuk tampilan Apple Watch. Tersedia pertama kali di Apple Watch menunjukan komitmen Google untuk meningkatkan pemirsa YouTube Music.

    Apple masih mengendalikan separuh dari pasar smartwatch, sehingga menghadirkan aplikasi ini di watchOS tersebut pada akhirnya akan menguntungkan Google. Namun, mengabaikan Wear OS saat peluncurannya turut mengindikasikan kepincangan yang dialami oleh platform karya Google ini sejak awal.

    Basis instalasi kecil dan pengembangan lambat dari prosesor dari mitranya, Qualcomm, mendorong ketertinggalan Wear OS dari pesaingnya, yaitu Apple dan Samsung, selama beberapa tahun terakhir.

    Peluncuran chipset terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon Wear 4100 dan 4100 Plus, ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan kecepatan yang menghambat perangkat Wear OS.

    Dipasangkan dengan update Wear OS yang digulirkan pada musim gugur ini dengan fokus pada elemen antarmuka lebih sederhana, terdapat harapan bahwa mitra Google dapat mengembangkan perangkat secara lebih baik untuk bersaing dengan dominasi pasar Apple.

    Google juga dilaporkan telah berusaha selama beberapa tahun terakhir untuk mengembangkan hardware smartwatch internal karyanya, namun mengalami kegagalan pada tahun 2016 lalu. Dan pada tahun yang sama, Google mengakuisisi Fitbit.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id