TV Pakai DVB-T2 untuk Tangkap Siaran Digital, Apa Itu?

    Lufthi Anggraeni - 11 Juni 2021 14:38 WIB
    TV Pakai DVB-T2 untuk Tangkap Siaran Digital, Apa Itu?
    Berikut kami rangkumkan informasi menyoal ciri tv yang dapat menangkap siaran TV digital.



    Jakarta: Pemerintah telah memutuskan untuk menghentikan siaran televisi analog atau disebut dengan istilah Analog Switch Off (ASO), di Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2021 mendatang.

    Penghentian siaran analog ini akan dimulai pertama kali di lima daerah yaitu Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Provinsi Banten, Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Kalimantan Utara. Dan untuk mengakses siaran digital, terdapat dua opsi yang tersedia.

     



    Opsi tersebut yaitu melalui tv yang mendukung siaran digital, atau menggunakan alat bantu set top box. Namun perlu diperhatikan bahwa TV berlayar cembung dapat dipastikan bukan TV berkemampuan menangkap siaran digital, sebab tv tersebut adalah tv analog.

    Untuk membuat tv ini dapat menerima siaran digital, pengguna harus menghubungkannya dengan alat set top box tambahan. Selain itu, tidak semua tv layar datar itu tv digital dan perlu diperhatikan bahwa tidak semua tv layar datar merupakan tv digital.

    TV layar datar yang dapat menerima siaran digital umumnya didukung fitur pencarian siaran digital. Fitur tersebut umumnya dapat diketahui via fitur Tuning dengan opsi untuk mencari siaran TV analog (ATV) atau Digital (DTV).

    Dengan ATV, siaran akan menampilkan gambar kurang jernih, sedangkan DTV lebih jernih. Selain itu, pencarian fitur DTV juga dapat dilakukan secara otomatis atau manual, sedangkan TV tanpa dukungan fitur ini memerlukan set top box tambahan.

    Selain itu, tidak semua TV memiliki fitur pencarian siaran digital mendukung siaran digital di Indonesia. Sebab siaran digital di Indonesia menggunakan standar Digital Video Broadcasting-Terrestrial second generation (DVB-T2).

    Sebagai informasi, DVB-T2 merupakan alat untuk menerima siaran digital dan keterangan menyoal informasi ini umumnya dapat ditemukan di bagian box, atau dapat ditanyakan kepada penjual tv terkait dengan mendukung DVB-T2.

    Sementara itu, sebelum dapat menikmati siaran digital, pengguna perlu memastikan berada di daerah yang sudah terjangkau sinyal siaran digital. Untuk menangkap sinyal siaran digital ini, pengguna dapat menggunakan antena UHF di dalam atau di luar rumah.

    Pengguna juga dapat mengunduh aplikasi Sinyal TV di Play Store atau App Store, kemudian mengizinkan permintaan izin akses lokasi dari aplikasi dan tampilan akan berubah menjadi peta sesuai lokasi keberadaan.

    Kemudian di bagian kiri bawah, terdapat menemukan kolom Legend yang akan menampilkan informasi lokasi sinyal siaran tv digital dengan keterangan Kuat atau Lemah. Dan pengguna hanya perlu memeriksa peta warna yang muncul. 

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id