Apple Tunda Produksi Massal iPhone 12?

    Lufthi Anggraeni - 28 April 2020 13:56 WIB
    Apple Tunda Produksi Massal iPhone 12?
    Apple akan menunda produksi massal iPhone 12 selama sekitar satu bulan akibat pandemik korona.
    Jakarta: Apple dilaporkan menunda produksi massal untuk smartphon lini iPhone 12 selama sekitar satu bulan. Laporan terbaru menyebut keputusan ini diambil Apple sebagai dampak dari pandemik korona di seluruh rantai pemasok dan manufaktur yang mengganggu rencana produksi tersebut.

    Rumor yang dilaporkan The Verge menyebut bahwa Apple akan memperkenalkan empat model iPhone baru pada akhir tahun ini, terdiri dari perangkat dengan layar OLED berukuran 5,4 inci, 6,1 inci atau 6,7 inci.

    Apple umumnya mengumumkan iPhone terbaru pada bulan September dan mulai mengapalkan perangkat sebelum akhir bulan September. Produsen iPhone ini mampu melakukan hal tersebut berkat manufaktur massal selama bulan di musim panas.

    Hal tersebut memungkinkan Apple untuk mengirimkan perangkat secara cepat kepada peritel setelah perangkat secara resmi diumumkan. Rumor penundaan manufaktur massal ini diperkirakan tidak akan berdampak secara langsung pada waktu peluncuran iPhone 12.

    Wall Street Journal menyebut Apple masih memproduksi iPhone baru selama bulan Juli hingga September mendatang, namun penundaan produksi massal dapat berarti Apple akan mengalami kekurangan jumlah unit perangkat baru ini pada akhir tahun 2020.

    Apple telah mengalami penundaan produksi massal iPhone sebelumnya, pada iPhone X yang diumumkan bersamaan dengan iPhone 8 pada bulan September 2017. Ponsel cerdas ini tidak tersedia di toko hingga bulan November akibat sejumlah masalah produksi.

    Apple iPhone XE juga diumumkan pada bulan September 2018, namun baru tersedia di toko pada bulan Oktober setelah laporan mengindikasikan Apple mengalami sejumlah permasalahan dengan produksi panel layar LCD untuk perangkat ini.

    Sebelumnya, YouTuber asal Tiongkok bernama AA Tech Jiang melalui video pembongkaran iPhone SE 2020 yang diunggahnya ini menyebut bahwa ponsel ini mengusung komponen internal yang tidak jauh berbeda dari iPhone 8.

    Saat pertama kali mengangkat bodi iPhone SE 2020 dan iPhone 8, Jiang menyebut bahwa tata letak komponen di bagian dalam kedua ponsel ini, seperti ukuran baterai, posisi haptic engine, motherboard, speaker, kamera, dan antena, sangat mirip sebab diletakan di posisi yang sama.

    Analis Ming-Chi Kuo mengungkap bahwa Apple berencana untuk memulai produksi massal AirPods baru pada akhir tahun 2020, dan AirPods generasi ketiga ini akan tersedia di pasar pada Q1 2021.

    Selain itu, generasi kedua AirPods Pro belum akan menyapa konsumen dalam waktu dekat, sebab Apple baru akan memulai produksi massal perangkat ini pada akhir tahun 2021.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id