Adu Cepat Isi Baterai 4 Smartphone Kelas Entry-Level

    Cahyandaru Kuncorojati - 17 Maret 2020 14:37 WIB
    Adu Cepat Isi Baterai 4 Smartphone Kelas Entry-Level
    Perbandingan adu cepat fitur fast charging di smartphone kelas entry-level.
    Jakarta: Pasar smartphone khususnya di kelas entry-level sudah naik kelas sejak tahun 2019. Menawarkan rentang harga mulai dari Rp1,4 juta hingga Rp1,8 juta smartphone ini sudah hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu.

    Misalnya, smartphone ini sudah menawarkan kapasitas RAM 3GB dengan kapasitas baterai yang besar. Jadi performanya yang meningkat tetap didukung daya tahan baterai yang lama. Kapasitas baterai yang disediakan bervariasi mulai dari 4.000 mAh sampai 5.000 mAh.

    Namun kapasitas baterai besar lebih baik apabila dilengkapi fitur pengisian cepat atau fast charging. Dahulu fitur fast charging hanya ada di smartphone kelas menengah ke atas maupun high-end alias mewah. Kini fitur tersebut sudah sangat populer.

    Apabila sebuah smartphone memiliki kapasitas baterai besar tanpa adanya fast charging maka hal tersebut akan menjadi kekurangan yang harus dipertimbangkan saat akan membeli.

    Beragam merek smartphone memiliki nama masing-masing untuk teknologi pengisian cepat baterai perangkatnya. Ada juga yang tidak memberikan nama khusus tapi dengan jelas menunjukan seberapa cepat fitur tersebut bekerja dibandingkan merek lain.

    Adu Cepat Isi Baterai 4 Smartphone Kelas Entry-Level

    Misalnya, Xiaomi Redmi 8 yang hadir dengan dua varian kapasitas RAM dan memori internal dibanderol Rp1.699.000 untuk spesifikasi 4/64GB dan Rp1.599.000 yang 3/32GB. Keduanya punya kapasitas baterai 5.000 mAh dan fitur pengisian cepat.

    Xiaomi Redmi 8 melakukan adu cepat pengisian baterai dengan smartphone dari tiga merek lain yaitu Vivo Y91C, realme C3, dan Oppo A1k. Ketiganya punya spesifikasi yang mirip Redmi 8A di kapasitas RAM dan memori internal.

    Vivo Y91c punya harga Rp1.499.000 spesifikasi 2/32GB dengan baterai 4.030 mAh. realme C3 dibanderol Rp1.699.000 dengan RAM dan memori internal 3/32GB dan baterai 5.000 mAh. Sementara Oppo A1k di harga Rp1.599.000 menawarkan 2/32GB dan kapasitas baterai 4.000 mAh.

    Keempat smartphone dilakukan pengisian baterai dari kapasitas nol hingga 100 persen terisi penuh. Berdasarkan video pengujian tersebut tercatat bahwa baterai Xiaomi Redmi 8 terisi penuh paling cepat dengan durasi dua jam 41 menit.

    Kemudian di posisi kedua ada Oppo A1k dengan durasi pengisian dua jam 45 menit. Posisi ketiga adalah realme C3 yang membutuhkan durasi tiga jam 13 menit. Vivo Y91c menjadi yang paling akhir dengan durasi lebih lama yaitu empat jam 21 menit.

    Jadi konsumen bisa membandingkan smartphone kelas entry-level mana yang memiliki kemampuan pengisian cepat baterai yang paling cepat dengan kapaistas baterai besar.





    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id