Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy Z Fold 2

    Lufthi Anggraeni - 26 September 2020 14:12 WIB
    Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy Z Fold 2
    Begini kesan pertama kami menggenggam dan mencoba Samsung Galaxy Z Fold 2.
    Jakarta: Samsung belum lama ini menyelesaikan pre-order untuk smartphone berlayar lipat generasi terbarunya, Galaxy Z Fold 2 di Indonesia. Namun, konsumen yang telah membeli smartphone ini belum dapat memperoleh perangkat mereka.

    Tersedia dalam versi dengan dukungan jaringan 5G, Samsung belum memasarkan varian tersebut di Indonesia dan hanya menyediakan varian 4G mengingat jaringan tercepat saat ini di dunia tersebut belum tersedia di Indonesia.

    Mewah menjadi kesan pertama yang kami rasakan saat melihat perangkat ini untuk pertama kalinya. Kesan ini didukung oleh warna Mystic Bronze yang membalut sebagian besar bodi perangkat, dengan bagian non mengkilat mendominasi.

    Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy Z Fold 2

    Samsung Galaxy Z Fold 2 hadir dengan dua layar, satu terdapat di bagian luar depan yang disebut Samsung dengan istilah cover screen, dan satu di bagian dalam, berukuran lebih besar dan ditujukan untuk menghadirkan pengalaman penggunaan serupa tablet.

    Cover screen Galaxy Z Fold hadir dengan ukuran 6,2 inci berpanel Super AMOLED dan berasio 25:9. Sedangkan layar bagian dalam atau layar utama (Infinity Flex Display) mengusung panel Dynamic AMOLED 2X dan berukuran 7,6 inci.

    Layar utama Galaxy Z Fold 2 menggunakan bahan Ultra Thins Glass (UTG) serupa Galaxy Z Flip, didukung Flex Mode yang didukung engsel bertajuk free-stop, memungkinkan layar perangkat dibuka dan tertahan dalam berbagai sudut.

    Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy Z Fold 2

    Hal ini memungkinkan pengguna menggunakan mode tersebut untuk menjadikan bagian cover screen sebagai layar penampil konten dan bagian bawah sebagai penyangga. Uniknya bodi perangkat hadir dengan ukuran ramping, berbeda dari perangkat yang ada saat ini di pasar, yang cenderung berbodi lebar.

    Hal ini menyuguhkan kesan tidak biasa, terutama bagi pengguna yang kerap menggunakan smartphone dengan ukuran besar seperti Samsung Galaxy S20 Ultra. Selain itu, mengusung layar yang dapat dilipat, bodi perangkat ini juga tergolong tipis dan tetap menyungguhkan kenyamanan saat digenggam.

    Layar perangkat ini tergolong unik, sebab saat dalam mode smartphone, layar lebih kecil dari smartphone pada umumnya, meski lebih luas jika dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini berdampak pada tampilan pada layar luar atau cover screen ini, seperti pada ukuran ikon ataupun isi pada menu atau peramban lebih kecil dari smartphone pada umumnya.

    Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy Z Fold 2

    Samsung menghadirkan layar bagian dalam untuk mengatasi permasalahan ini, namun lagi-lagi jika Anda mengharapkan tampilan serupa tablet pada umumnya, mungkin Anda tidak akan menemukannya pada Galaxy Z Fold 2 ini.

    Di bagian tengah layar utama terdapat garis bekas lipatan layar, namun saat perangkat digunakan baik untuk bermain game, bekerja dengan memanfaatkan fitur multi active windows, hingga menonton konten multimedia, lipatan ini tidak memberikan gangguan yang kentara.

    Dan durabilitas dari layar Infinity Flex ini juga terasa lebih kokoh jika dibandingkan pada Galaxy Fold generasi pertama yang dirilis pada tahun lalu. Pada kedua layar, Samsung menyematkan punch hole untuk kamera selfie dengan resolusi 10MP f2.2 dengan sudut 80 derajat.

    Kesan Pertama Menggenggam Samsung Galaxy Z Fold 2

    Selain itu, Samsung juga menyematkan lubang speaker di sisi atas dan bawah, dengan bagian bawah didampingi oleh port USB-C. Sedangkan tombol daya, volume dan slot kartu SIM dapat ditemukan pada sisi kanan saat perangkat dalam kondisi terlipat.

    Dan di bodi belakang bodi Galaxy Z Fold 2, tersemat tiga kamera dengan usungan desain agak menonjol serupa lini Galaxy Note 20.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id