Apa Strategi Veritas untuk Pasar Indonesia?

    Mohammad Mamduh - 13 November 2019 19:28 WIB
    Apa Strategi Veritas untuk Pasar Indonesia?
    Acara Veritas Vision Executive Forum 2019 di Nusa Dua, Bali
    Nusa Dua: Penyedia layanan transformasi digital atau solsi perusahaan Veritas Technologies menyatakan Indonesia sebagai pasar yang menarik.

    Mereka menyadari bahwa pengusaha kecil dan menengah, atau yang biasa dikenal UKM, merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Hal ini disampaikan dalam ajang Veritas Vision Executive Forum di Nusa Dua, Bali.

    “Saya tidak bisa membagikan datanya secara rinci, tetapi pertumbuhan kami positif di SMB (Small Medium Business),” kata Vice President and Managing Director of Asia South Region, Veritas, Ravi Rajendran.

    Ia pun mengakui bahwa pada awalnya, pertumbuhan ini bukan berasal dari sektor UKM. Ia menyebut telah menjalin kerja sama dengan beberapa sektor bisnis yang cukup besar.

    Ravi menyebut Veritas telah menjalin beberapa lembaga di pemerintahan dan penyedia layanan telekomunikasi. Ia mengaku tidak bisa menyebutkan entitas perusahaan dan lembaganya secara spesifik.

    “Sebelumnya kita telah bekerja sama dengan banyak partner, sehingga sudah tercipta satu ekosistem. Kami juga melihat pertumbuhan di SME.”

    Dalam acara yang sama, Veritas mengumumkan solusi terbaru mereka bernama Enterprises Data Services Platform. Layanan ini ingin menyederhanakan berbagai kompleksitas IT yang ada seiring dengan perkembangan teknologi transformasi digital lewat tiga aspek: Availability, Protection, dan Insights.

    Terlepas dari platform yang digunakan, mereka menyebut bisa membantu klien dalam banyak skenario. “Para pelaku usaha kecil dan menengah mulai sadar akan pentingnya data,” lanjutnya Ravi.

    Dari sinilah diperlukan manajemen sistem yang mudah. Para pelaku bisnis ini melihat bahwa digitalisasi menghadirkan banyak workload baru, dan seringkali perlu konfigurasi yang berbeda. Veritas ESDP diharapkan bisa menyederhanakan kompleksitas tersebut.

    Menurut mereka, hal ini juga berlaku untuk pemerintahan yang ingin menerapkan e-government. Terbukanya akses informasi ke publik harus melibatkan integrasi antar sistem pemerintahan. Oleh karena itu, diperlukan solusi yang mampu menyederhanakannya.

    Ravi mengakui integrasi tersebut perlu proses yang tidak sebentar, dan itu merupakan satu tantangan.

    Salah satu kemampuan yang ditonjolkan adalah Protection. Ini mengacu pada kemampuan ESDP dalam melindungi berbagai data perusahaan, termasuk data sensitif. Salah satu kemampuan ini diklaim bisa diterapkan pada sector pemerintahan.

    “Karena mereka tidak hanya menyimpan data kependudukan, tetapi sampai data infrastruktur untuk layanan publik, seperti jalur air atau listrik, ” kata Channel Sales Director, Asia South Region, Veritas Technologies Suresh Nair.

    Ransomware merupakan salah satu momok yang cukup menakutkan di era transformasi digital. Serangan siber ini memanfaatkan celah sistem korporasi untuk mengunci data penting dan menutup aksesnya.

    Untuk membukanya, para hacker meminta sejumlah uang tebusan yang cukup tinggi. Dalam banyak kondisi, hanya sekitar 50 persen perusahaan yang menjadi korban mampu mendapatkan kembali akses data mereka setelah membayar tebusan.

    Menanggapi ibu kota baru, Veritas mengaku keputusan yang tepat. Pembangunan kota baru yang khusus menangani pemerintahan menjadi peluang mudahnya menerapkan smart city. Ditambah lagi, pemisahan ibu kota dari pusat bisnis merupakan hal yang wajar, dan sudah dilakukan oleh beberapa negara lain.

    “IoT dan konektivitas 5G pastinya menghasilkan banyak data. Kami rasa sangat tepat untuk membangun smart city dari awal.”



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id