AS Persulit Tiongkok Garap Superkomputer

    Ellavie Ichlasa Amalia - 24 Juni 2019 10:50 WIB
    AS Persulit Tiongkok Garap Superkomputer
    Sunway Taihulight.
    Jakarta: Tiongkok dan Amerika Serikat berlomba-lomba untuk membuat superkomputer paling mumpuni di dunia. 

    Tiongkok sempat memimpin dengan membuat Sunway TaihuLight, yang memiliki kemampuan pemrosesan hingga 93 petaflop. Namun, AS lalu mengalahkan rekor itu tahun lalu ketika mereka memperkenalkan Summit, yang memiliki kapasitas 200 petaflops atau 200 kuadriliun kalkulasi per detik. 

    Sekarang, AS berusaha untuk mempersulit Tiongkok ,membuat superkomputer dengan melarang mereka menggunakan teknologi dan komponen buatan AS, menurut laporan Engadget

    Departemen Perdagangan dilaporkan telah mengeluarkan larangan ekspor, membuat lima perusahaan superkomputer Tiongkok tak bisa menggunakan teknologi dari AS.

    Menurut peraturan baru ini, kelima perusahaan itu telah membahayakan keamanan nasional AS dan memiliki kepentingan yang bertolak belakang dengan kepentingan AS. 

    Lima perusahaan itu adalah Sugon dari Beijing dan tiga perusahaan rekannya juga Wuxi Jiangnan Institute of Computing Technology. Sekarang, lima perusahaan itu memerlukan izin dari pemerintah AS sebelum mereka dapat membeli teknologi dan komponen AS. Menurut The New York Times, hal ini dapat membuat perusahaan Tiongkok itu bankrut. 

    Perusahaan-perusahaan tersebut tengah mengembangkan superkomputer Tiongkok berikutnya, yang bisa memiliki kemampuan komputasi hingga satu kuintilion per detik.

    Dikabarkan, alasan AS melakukan ini karena mereka khawatir akan penggunaan superkomputer itu di bidang militer. Seperti yang disebutkan Wall Street Journal, superkomputer memiliki peran penting dalam pengembangan senjata nuklir, enkripsi, dan misil. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id