Innovation Tech Flash – Computex 2021 Special

    NVIDIA: Teknologi AI Dorong Transformasi Industri Transportasi

    Cahyandaru Kuncorojati - 01 Juni 2021 17:10 WIB
    NVIDIA: Teknologi AI Dorong Transformasi Industri Transportasi
    Platform Nvidia Drive.



    Jakarta: Nvidia di hari pertama Computex Taipei 2021 yang digelar secara virtual tampil tidak cuma memamerkan produk terbaru di kartu grafis tapi juga visi mengenai perkembangan teknologi AI yang diyakini mendorong transformasi industri transportasi.

    Vice President & General Manager of Nvidia Automotive Business, Ali Kani membagikan pandangannya mengenai cara teknologi AI bisa melakukan hal tersebut. Nvidia memiliki visi untuk mengembangkan kendaraan otonom generasi terbaru yang memungkin teknologi swakemudi lebih aman, mengurangi kepadatan lalu lintas, dan mendukung mobilitas semua orang.

     



    Kani mengingat masih ada tantangan yang harus dijawab untuk mencapai hal tersebut. Peluang pasar industri transportasi diyakini sangat besar dan selama ini sebuah kendaraan ditentukan dari kemampuan seperti kecepatannya. 

    Justru dengan pengembangan teknologi deep learning dan teknologi robotik memberikan makna baru bagi industri ini. Kendaraan pintar harus mampu mengambil keputusan saat berkendara dalam hitungan mili detik. Kemampuan ini juga dianggap sama dengan patokan performa kecepatan (horsepower) saat ini.

    NVIDIA: Teknologi AI Dorong Transformasi Industri Transportasi

    Nvidia melihat bahwa kemampuan AI tidak hanya mendorong perkembangan kendaraan otonom untuk mengangkut penumpang tapi juga kendaraan khusus untuk beragam sektor industri. Makanya kemampuan AI mampu berkontribusi dalam membuka model bisnis baru di industri transportasi.

    Nvidia mengumumkan program terbaru mereka yaitu Nvidia Drive yang membantu pengembangan teknologi swakemudi dengan berkolaborasi bersama OEM dan mitra bisnis tier-1.

    Ada empat hal yang dibutuhkan untuk menyempurnakan teknologi swakemudi menurut Kani. Pertama, arsitektur komputasi performa tinggi serta sensor di dalam mobil yang mampu menyajikan pengalaman berkendara yang nyaman. 

    Kedua, kemampuan untuk mengolah data dalam ukuran super besar hingga petabytes kemudian mengolahnya dan menyimpannya dengan aman sehingga kendaraan bisa mengenali setiap objek dan lalu lintas di jalan.

    NVIDIA: Teknologi AI Dorong Transformasi Industri Transportasi

    Selanjutnya jaringan AI harus dilatih dengan data yang sangat besar tadi. Pengujian AI harus dilakukan hingga ribuan jam untuk menjamin bahwa performanya tergolong aman. Pada akhirnya harus dilakukan simulasi untuk melatih atau menyempurnakan kemampuan swakemudi berbasis AI.

    Nvidia Drive menyediakan platform end-to-end bagi mitra di industri transportasi yang ingin berkolaborasi. Nvidia mengklaim menciptakan platform lengkap ini dengan standar tinggi fungsi keselamatan dan keamanan siber sambil tetap mendukung kustomisasi dari kebutuhan mitra industri.

    Nvidia menyiapkan lebih dari 20 model AI yang bisa digunakan untuk menciptakan skenario atau simulasi pengujian dan pengembangan teknologi swakemudi. Nvidia sudah merancang platform khusus simulasi yang membuat pengujian teknologi swakemudi bisa dilakukan secara virtual.

    Jadi mitra industri otomotif bisa menghemat biaya pengembangan dan pengujian teknologi swakemudi AI sambil tetap mempertahankan keselamatan. Nvidia sudah digandeng sejumlah pembuat software pengembangan AI serta mitra industri otomotif untuk segera merealisasikan kendaraan pintar dan otonom.
     

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id