Big Data Analytic Sumbang Teknologi untuk FIFA World Cup 2018

    Cahyandaru Kuncorojati - 05 Juli 2018 12:27 WIB
    Big Data Analytic Sumbang Teknologi untuk FIFA World Cup 2018
    Ilustrasi. (The Register)
    Jakarta: FIFA World Cup 2018 atau kompetisi sepak bola Piala Dunia menjadi salah stau perhelatan terbesar di dunia dan banyak peristiwa yang berlangsung di dalamnya.

    Mulai dari bulan Juni sampai bulan Juli 2018, sejumlah 64 pertandingan langsung Piala Dunia akan disiarkan kepada sekitar 3,2 miliar penonton di seluruh dunia. FIFA telah menghabiskan USD241 juta (sekitar Rp3,4 triliun) untuk memastikan orang-orang di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk mengikuti kelangsungan ajang Piala Dunia.
    Ajang Piala Dunia juga mencatatkan angka yang mencengangkan terkait investasi iklan secara global, dengan estimasi belanja iklan dari berbagai brand dan bisnis berbeda untuk Piala Dunia secara global yang mencapai USD2,4 miliar (sekitar Rp34 triliun).

    Melihat jumlah investasi, keseruan dan partisipasi di ajang Piala Dunia di seluruh dunia, ada banyak data tertimbun yang dapat dimanfaatkan. Apabila perusahaan dan analis dapat memanen dan memanfaatkan data dengan baik, hal tersebut dapat menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi mereka.
    Big Data Analytic Sumbang Teknologi untuk FIFA World Cup 2018
    NetApp sebagai perusahaan penyedia penyimpanan dan pengolahan big data analytic melihat seluruh data tersebut dapat dikonversi menjadi data yang bermanfaat saat ini dan ke depannya.

    Ada beberapa manfaat big data analytic yang dihasilkan oleh NetApp dari ajang FIFA World Cup 2018. Pertama, implementasi kemampuan data learning NetApp untuk memantau performa pemain.

    Di ajang Piala Dunia 2014 lalu, tim sepak bola nasional Jerman bekerja sama dengan SAP untuk mengembangkan database yang mencakup wawasan dari berbagai pertandingan yang membantu mereka dalam pola latihan dan strategi untuk memenangkan ajang Piala Dunia di tahun 2014.

    Kedua, pihak media publikasi juga bisa memanfaatkan big data analytic untuk menjalin interaksi dengan penggemar atau penonton.

    Biasanya dalam 24 jam sebelum pertandingan dimulai, media akan menyiapkan berbagai insight atau wawasan terkait tim yang bertanding.

    Hal ini bisa mencakup sejarah pertandingan sebelumnya, pemain-pemain yang perlu diperhatikan dan peringkat.

    Volume insight dan wawasan yang sedemikian tinggi dapat menjadi hal yang berharga untuk media seiring dengan upaya mereka untuk menghadirkan liputan yang paling seru untuk ajang ini.

    Contohnya, berbagai prediksi dapat ditampilkan secara interaktif dalam format digital, yang diarahkan oleh para analis. Media juga dapat secara konsisten memberikan data secara real-time terkait pertandingan, agar materi komentator dapat disiapkan dengan baik seiring jalannya pertandingan.

    Ketiga, dengan melihat analisa sepanjang permainan dan masing-masing tim maka teknologi big data analytic juga mampu menjadi alata untuk memprediksi performa tim peserta dan kemenangan atau kekalahan mereka di tiap laga. Semakin banyak data yang dikumpulkan dan diolah maka semakin akurat prediksi yang dihasilkan.

    Melihat jumlah data yang bertumbuh dan tersebar di seluruh dunia, NetApp dapat menyediakan solusi pengelolaan data atau big data analytic yang aman dan efisien kepada penyedia layanan atau vendor yang berbeda-beda, dengan solusi yang disesuaikan secara spesifik sesuai kebutuhan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id