Riset: Grab Pimpin Pasar Indonesia dan Vietnam

    Mohammad Mamduh - 18 September 2019 20:37 WIB
    Riset: Grab Pimpin Pasar Indonesia dan Vietnam
    Foto: Peacearchnews
    Jakarta: Kawasan Asia-Pasifik telah menjadi pasar terbesar transportasi online dunia.

    Kawasan ini mencakup 70 persen dari semua perjalanan. Pemain ride-hailing di kawasan ini juga tidak berhenti pada transportasi, berkembang menjadi marketplace yang menyediakan berbagai kebutuhan lewat yang disebut “super-apps”.

    Riset yang dilaksanakan oleh ABI Research yang berpusat di London, Inggris, menemukan Grab mempertahankan pangsa pasar transportasi online sebesar 11,4 persen, di Asia-Pasifik dengan dominasi di pasar Indonesia dan Vietnam. Ini merupakan riset kedua yang dikeluarkan oleh ABI Research setelah tahun 2018.

    Di Indonesia, Grab memimpin pasar dengan 64 persen dan Vietnam 74 persen. Menurut ABI, kepemimpinan pasar ini berasal dari usaha Grab menjadi aplikasi super, yang dapat menangkap volume permintaan masyarakat yang begitu besar selain transportasi.

    Caranya dengan menyediakan layanan pengiriman barang dan makanan, serta layanan keuangan melalui layanan GrabExpress, GrabFood, GrabFresh, dan GrabFinancial. 

    Sedangkan menurut data ABI Research, Go-Jek, pesaing terdekat Grab, memiliki 35,3 persen dari pasar Indonesia, sementara Go-Viet memiliki 10,3 persen di pasar Vietnam.

    “Pertumbuhan transportasi online mengalami perlambatan. Setelah mencapai 22 miliar perjalanan pada 2018, tahun ini diperkirakan akan ditutup dengan angka perjalanan sedikit di bawah 22 miliar,” kata James Hodgson, Smart Mobility Principal Analyst at ABI Research.

    Karena itu, pengembangan layanan di luar transportasi dinilai sebagai keniscayaan. Hodgson mencontohkan, di Amerika Serikat, ketika sektor transportasi Uber hanya tumbuh 9 persen pada Q1 2019, UberEats tumbuh impresif mencapai 89 persen pada periode yang sama. 

    Menurut Hodgson, operasi ride-hailing makin tertekan dengan langkah-langkah meningkatkan insentif pengemudi dan mensubsidi tarif untuk mencari pelanggan baru dan memperluas pangsa pasar. Karena itu, pengembangan untuk menjadi “supermarket” layanan smart mobility merupakan contoh suatu upaya inovasi yang berhasil.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id