Google Doodle Pamer Subak Bali, Kenapa?

    Cahyandaru Kuncorojati - 29 Juni 2020 08:27 WIB
    Google Doodle Pamer Subak Bali, Kenapa?
    Google Doodle hari ini merayakan diakuinya subak Bali sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO di tahun 2012.
    Jakarta: Hari ini mesin pencarian Google kembali menampilkan konten Google Doodle yang berada di tas kolom pencarian. Hal yang menarik adalah hari ini mereka memperlihatkan sebuah pemandangan sawah bertingkat.

    Apabila Anda mengarahkan pointer mouse ke atas gambar Google Doodle maka akan tampil informasi bertulikan "Celebrating Subak". Subak yang dimaksud adalah sistem iriagis lahan pertanian atau sawah di Bali yang dibentuk menjadi sawah bertingkat.

    Medcom.id langsung menuju laman Google Doodle Arcvhive. Di sini dijelaskan bahwa desain Google Doodle hari ini terinpspirasi dari lukisan seniman bernama Hana Agustine. Lukisan ini dibuat karena subak Bali berhasil diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

    Google Doodle Pamer Subak Bali, Kenapa?

    Di tanggal 29 Juni 2012, UNESCO mengakui bahwa subak Bali masuk dalam daftar warisan dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Sistem irigasi yang membuat lansekap alam menarik ini diakui sudah diterapkan oleh masyarakat Pulau Bali sejak ribuan tahun lalu.

    Subak sendiri tidak hanya dipahami masyarakat lokal Bali sebagai sistem irigasi lahan pertanian. Subak diyakini dalam filososi Bali sebagai bagian dari Tri Hita Karana atau tiga hal yang memberikan kesejahteraan bagi manusia.

    Tri Hita Karana terdiri dari hubungan harmonis dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam. Dikutip dari laman situs Historia.id, kata subak diyakini bentuk modern dari kata suwak yang menjadi bukti sistem ini sudah diterapkan dan dikenal sejak lama.

    Suwak ditemukan dalam Prasati Pandak Badung dari tahun 1071 dan Prasasti Klungkung dari tahun 1072. Menurut penelitian Ketut Setiawan dalam tesis untuk Universitas Indonesia, kata "su:" berarti baik dan "wak" untuk pengairan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id