Amazon: Data Lebih Aman Disimpan di Cloud

    Riandanu Madi Utomo - 17 April 2017 10:25 WIB
    Amazon: Data Lebih Aman Disimpan di Cloud
    Data akan lebih aman disimpan di cloud
    medcom.id: Teknologi komputasi awan (cloud computing) saat ini memang semakin banyak digunakan oleh korporasi karena berbagai kelebihannya.

    Meski demikian, hingga saat ini masih ada beberapa perusahaan yang belum percaya dengan teknologi cloud. Salah satu alasannya adalah keberadaan data, ada perusahaan yang lebih suka jika datanya disimpan secara lokal karena dianggap lebih aman. Namun, ternyata hal tersebut keliru.

    Managing Director, Amazon Web Service (AWS) SEA, Nick Walton mengatakan data justru lebih aman disimpan di cloud. Hal tersebut dikarenakan penyedia layanan cloud seperti AWS telah mendapatkan sertifikasi khusus sehingga keamanan data telah terjamin. Data juga disimpan di fasilitas yang mumpuni dengan kemanan ketat dan trelah melalui proses enkripsi.

    "Sebenarnya menyimpan data di cloud lebih aman ketimbang menyimpannya secara lokal, karena layanan cloud seperti AWS sudah tersertifikasi keamanannya," ujar Walton kepada Metrotvnews.com saat menghadiri acara AWS Summit 2017 beberapa hari yang lalu.

    Amazon: Data Lebih Aman Disimpan di Cloud
    Managing Director, AWS SEA, Nick Walton

    "Infrastruktur kami juga lebih mumpuni ketimbang menyimpan data secara lokal. Kami juga mengontrol siapa yang bisa masuk ke ruangan server sehingga menjamin data tetap aman. Hal tersebut sangat sulit dilakukan jika data disimpan secara lokal."

    Meski demikian, Walton menegaskan pihaknya tidak memaksa konsumennya untuk menyimpan datanya di cloud. Ada solusi lain yang bisa digunakan, yaitu teknologi hybrid cloud. Teknologi tersebut memungkinkan komputasi dilakukan di cloud, tetapi data tetap disimpan di server lokal.

    "AWS juga sudah mendukung arsitektur hybrid cloud, jadi pilihan ada di tangan Anda," jelas Walton.

    Walton mengatakan menggunakan cloud memiliki banyak keuntungan. Selain sangat fleksibel dan mudah dihadirkan, cloud juga memungkinkan perusahaan untuk fokus ke bisnisnya sehingga tidak lagi memikirkan infrastruktur IT. Dengan demikian, perusahaan bisa memangkas pengeluaran di ranah IT hingga 60 persen.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id