IBM Sudah Bisa Garap Prosesor 5nm

    Riandanu Madi Utomo - 05 Juni 2017 16:45 WIB
    IBM Sudah Bisa Garap Prosesor 5nm
    Prosesor 5nm sudah bisa dibuat
    medcom.id: IBM bersama dengan mitra produsen mikrochip Samsung dan Globalfoundries baru saja mengumumkan telah berhasil mengembangkan metode pabrikasi prosesor 5nm.

    Metode tersebut dikatakan masih menggunakan teknologi Extreme Ultraviolet Lithography (EUV) yang bakal digunakan untuk memproduksi prosesor 7nm nantinya. Bedanya, prosesor 5nm tidak akan menggunakan desain FinFET (fin field effect).

    Menurut Engadget, prosesor 5nm bakal menggunakan desain stacks atau berupa tumpukan lapisan silikon berukuran nanometer. Desain tersebut dikatakan mampu memaksimalkan performa transistor meski ditempatkan di ruang yang sangat kecil.

    Seberapa kecil? IBM mengatakan prosesor 5nm bakal bisa menampung 30 miliar transistor dengan ukuran chip hanya sebesar kuku jari.

    Bagi IBM, prosesor 5nm merupakan sebuah pencapaian yang sangat penting. Dengan prosesor tersebut, IBM akan bsia mengem bangkan sistem cognitive computing-nya ke tingkat selanjutnya. Selain itu, prosesor dengan transistor semakin kecil akan semakin bermanfaat bagi perangkat mobile.

    IBM memprediksi prosesor 5nm akan bisa menghemat daya baterai perangkat mobile yang ada saat ini hingga dua kali lipat.

    Sayangnya, prosesor 5nm tidak akan hadir dalam waktu dekat. Saat ini roadmap prosesor masih berada di titik pabrikasi 10nm. Sementara prosesor 7nm masih dalam tahap prototipe dan belum siap tampil di produk komersil.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id