comscore

Smartphone Pakai Snapdragon 895 Pertama Hadir Tahun Ini, Siapa?

Cahyandaru Kuncorojati - 28 Juni 2021 16:26 WIB
Smartphone Pakai Snapdragon 895 Pertama Hadir Tahun Ini, Siapa?
Ilustrasi.
Jakarta: Di Indonesia kehadiran smartphone dengan chipset tertinggi Qualcomm yaitu Snapdragon 888 sudah beredar beberapa bulan belakangan. Chipset ini menawarkan performa tertinggi dan sejumlah fitur mumpuni di kelas high-end dengan banderol mulai dari Rp9 juta.

Kini chipset Snapdragon 895 sebagai penerusnya dikabarkan bakal tersedia tahun ini. Rumor ini cukup masuk akal mengingat Qualcomm selalu merilis chipset Snapdragon 8 Series selalu di acara tahunan tiap akhir tahun.

 



Qualcomm sendiri belum berkomentar mengenai rumor Snapdragon 895 namun kabarnya sudah ada satu merek smartphone yang mengklaim menjadi pertama yang menggunakannya, dikutip dari WCCF Tech. Merek tersebut diklaim Lenovo.

Menurut laporan media lokal Tiongkok, GizChina, pihak Lenovo lewat media sosial Weibo mengklaim sebagai yang pertama menggunakan chipset Snapdragon 895 tapi tidak menyebutkan seri atau nama perangkat yang dimaksud.

Klaim ini berasal dari General Manager Mobile Department Lenovo, Chen Jin, dia mengklaim smartphone pertama dengan Snapdragon 895 bakal dirilis sebelum tahun 2022. Hal ini terhitung cepat mengingat pengumuman chipset terbaru Qualcomm biasanya mengambil tanggal di bulan Desember.

Belum ada bocoran mengenai performa Snapdragon 895 khususnya dibandingkan Snapdragon 888 namun dipastikan akan lebih tinggi dari pendahulunya. Kali ini Qualcomm akan mempercayakan produksi chipset pada divisi manufaktur semikonduktor Samsung yaitu Samsung Foundry.

Rumor lain menyebutkan bahwa TSMC saat ini kapasitas produksinya sudah penuh sehingga tidak memungkinkan menerima pesanan besar Qualcomm ditambah kondisi pasokan material semikonduktor yang kini langka. TSMC sendiri dipercaya AMD untuk manufaktur prosesor dan GPU yang digunakan pada PC hingga konsol PS5 dan Xbox Series X/S.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id