AiCI Dorong Kompetensi Siswa di Bidang Artificial Intelligence

    Cahyandaru Kuncorojati - 08 Oktober 2021 08:47 WIB
    AiCI Dorong Kompetensi Siswa di Bidang Artificial Intelligence
    foto: UMG Idealab



    Jakarta: Artificial Intelligence Center Indonesia (AiCI), sebuah lembaga yang didirikan atas kolaborasi venture builder UMG ldealab dengan FMIPA Universitas Indonesia, resmi menjalin kerja sama dengan Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri.

    Kerja sama ini digelar dalam hal peningkatan kompetensi bidang Artificial Intelligence bagi siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT), Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT), dan Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT) Nurul Fikri.

     



    Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan naskah Perjanjian Kerjasama (PKS) oleh Direktur AiCI yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur AiCI Baiq Hana Susanti, dengan masing-masing kepala unit sekolah, yakni Kepala Unit SDIT Nurul Fikri Fahmi Irvansyah, Kepala Unit SMP IT Nurul Fikri Teddy Azra, dan H. Mohammad Furqan.

    “Penjajakan kerja sama telah dimulai pada awal tahun 2020 dan sempat tertunda karena pandemi. Setelah itu berlanjut dengan penandatanganan MoU antara Direktur AiCI dan Ketua Bidang Pendidikan YPPU Nurul Fikri pada tanggal 10 Maret 2021.

    "Dari evaluasi kegiatan ini terlihat bahwa respon guru-guru dan pihak yayasan Nurul Fikri sangat baik,” kata Wakil Direktur AiCI. 

    Adapun tujuan kerja sama ini adalah untuk melatih kemampuan dan keterampilan siswa SIT Nurul Fikri dalam bidang Artificial Intelligence, melalui kegiatan penyusunan kurikulum dan program pembelajaran, bimbingan dan pelatihan untuk para siswa dalam memahami dan menguasai kompetensi, serta keikutsertaan para siswa dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan baik di tingkat nasional atau internasional.

    “Hal ini dikarenakan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sudah memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. Artificial Intelligence merupakan teknologi sudah teruji dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal,” imbuhnya.

    Di tempat terpisah, Kiwi Aliwarga, Founder venture builder UMG Idealab menyatakan dukungannya terhadap kerja sama AiCI dengan SIT Nurul Fikri. “Artificial Intelligence merupakan salah satu teknologi utama yang akan mendukung implementasi Industri 4.0, namun di Indonesia belum masif diajarkan padahal kebutuhannya sudah di depan mata."

    Kedua belah pihak berharap kerja sama ini dapat berjalan sesuai dengan harapan, dan membawa manfaat bersama. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika kerjasama ini dapat berkelanjutan dan berkembang seperti terselenggaranya pelatihan bagi para guru, pengembangan kurikulum, pengembangan materi dan media pembelajaran, hingga pengembangan laboratorium Artificial Intelligence.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id