Jerman Ingin Produsen Handset Tawarkan Dukungan Hingga 7 Tahun

    Lufthi Anggraeni - 08 September 2021 17:14 WIB
    Jerman Ingin Produsen Handset Tawarkan Dukungan Hingga 7 Tahun
    Proposal pemerintah Jerman akan haruskan dukungan hardware dan software selama tujuh tahun.



    Jakarta: Pemerintah Jerman dilaporkan mengajukan rancangan undang-undang yang mengharuskan produsen perangkat teknologi untuk menawarkan dukungan pada ponsel karya mereka setidaknya selama tujuh tahun.

    Mengutip Engadget, rancangan undang-undang ini merupakan ekstensi dari proposal Uni Eropa (EU) sebelumnya, yang pada awalnya mengimbau produsen memberikan dukungan software dan hardware selama lima tahun.

     



    Dengan demikian, proposal yang diajukan oleh pemerintah Jerman ini pada dasarnya meminta tambahan waktu dukungan dua tahun lebih lama. Hal ini berarti jika resmi menjadi undang-undang, maka produsen perangkat seperti Apple, Samsung, Google dan lainnya harus menyediakan update software dan keamanan setidaknya selama tujuh tahun.

    Selain itu, produsen perangkat juga harus memastikan ketersediaan suku cadang untuk memperbaiki perangkat saat mengalami kerusakan. Proposal ini juga ditujukan pemerintah Jerman untuk menyeragamkan masa dukungan perangkat teknologi.

    Sebagai informasi, Apple menghadirkan dukungan untuk ponsel karyanya selama beberapa tahun, sedangkan dukungan software dan hardware untuk perangkat Android bergantung pada merek dan model.

    Keharusan menyediakan suku cadang dinilai sejumlah pihak akan menimbulkan kesulitan bagi manajemen rantai pemasok, sebab setelah beberapa tahun, umumnya perusahaan akan lebih terfokus pada hardware lebih baru dan berhenti menyimpan stok untuk komponen model lama.

    Namun, bagi mereka yang memperjuangkan hak untuk perbaikan, undang-undang ini akan menjadi berita baik, sebab hal ini berarti suku cadang akan tetap tersedia bertahun-tahun bahkan setelah perangkat berhenti diproduksi.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id