Android 12 Bakal Rilis 4 Oktober, Smartphone Mana yang Kebagian?

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 September 2021 10:29 WIB
    Android 12 Bakal Rilis 4 Oktober, Smartphone Mana yang Kebagian?
    Bocoran tampilan antarmuka Android 12.



    Jakarta: Kehadiran sistem operasi terbaru Android memang selalu dinantikan mengingat jumlah perangkatnya jauh lebih banyak dibandingkan iPhone dengan iOS. Kini tanggal kehadiran sistem operasi Android 12 mulai beredar di internet.

    Informasi mengenai tanggal rilis Android 12 dari Google sudah muncul, salah satunya dari editor-in-chief Mishall rahman yang mengklaim mendapatkan rencana Google dari untuk merilis versi Android Open Source Project dari Android 12 pada tanggal 4 Oktober 2021.

     



    Versi open source tersebut ditujukan bagi developer maupun produsen smartphone namun dikutip dari Engadget biasanya Google juga akan merilis versi publik pada momen yang sama. Smartphone yang bakal pertama kali mencicipi Android 12 dipastikan adalah Pixel buatan Google.

    BACA: Ini Tanggal Rilis, Fitur, dan Nama Android 12

    Hal tersebut bisa menandakan Google bakal segera merilis smartphone Pixel terbaru mereka yaitu Pixel 6 yang langsung hadir sebagai perangkat pertama dengan Android 12. Meskipun begitu merek smartphone lain bakal harus menunggu beberapa bulan karena mereka butuh beradaptasi sebelum merilis update sistem operasi terbaru.

    Hal tersebut sempat ditunjukan pada Samsung yang baru merilis update ke Android 11 pada bulan Desember 2020, tiga bulan setelah Google merilis sistem operasi tersebut. Kondisi ini dibutuhkan produsen dan developer untuk memastikan aplikasi dan sistem perangkat siap sehingga tidak terjadi masalah.

    Google menyebut bahwa Android 12 merupakan versi lebih sempurna dari sistem operasi sebelumnya, yang dirancang ulang dan mengusung berbagai fitur baru untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pekerjaan dari rumah.

     Android 12 ini juga diklaim memberikan transparansi lebih terkait data pribadi yang diakses oleh berbagai aplikasi dan cara mengendalikannya kepada pengguna. Pengaturan privasi baru pada sistem operasi ini menawarkan tampilan pengaturan izin dan memungkinkan pengguna mencabut izin tersebut.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id