Instagram Beri Pengaturan Konten Sensitif di Tab Explore

    Lufthi Anggraeni - 21 Juli 2021 13:56 WIB
    Instagram Beri Pengaturan Konten Sensitif di Tab Explore
    Facebook mengumumkan pengaturan Sensitive Content Control baru untuk Instagram.



    Jakarta: Facebook mengumumkan pengaturan baru yang memungkinkan pengguna untuk membatasi potensi konten sensitif muncul di tab Explore Instagram. Facebook menyebut bahwa pengaturan ini memungkinkan pengguna menemukan lebih banyak atau lebih sedikit konten sensitif.

    Mengutip The Verge, pengaturan bertajuk Sensitive Content Control baru ini menyuguhkan tiga level batasan penampilan konten, yaitu Allow, Limit (Default), dan Limit Even More yang tidak akan menampilkan konten.

     



    Namun, kriteria menyoal konten sensitif ini masih buram, sehingga Facebook memberikan penjelasan lebih detail pada halaman dukungan untuk Sensitive Content Control. Pada halaman tersebut, Instagram menyebut bahwa konten sensitif termasuk unggahan yang menjurus ke arah seksual atau kekerasan.

    Unggahan sensitif yang dijelaskan Instagram juga termasuk unggahan yang mempromosikan berbagai hal seperti penggunaan tembakau atau farmasi. Facebook menegaskan bahwa pengaturan ini berdasarkan pada Recommendation Guidelines miliknya, dan bukan pada Community Guidelines.

    Sebagai pengingat, Recommendation Guidelines Facebook ini bertugas mengatur unggahan yang dapat muncul di halaman Explore. Kehadiran pengaturan baru ini tidak berarti unggahan yang melanggar peraturan Facebook ini tidak akan dihapus dari platform Instagram.

    Facebook menegaskan akan tetap menghapus konten pelanggar dari Instagram, sedangkan Sensitive Content Control hanya memberikan pengguna lebih banyak opsi terkait cara mereka ingin terpapar pada konten yang mungkin kurang menyenangkan di tab Explore.

    Sayangnya, Facebook tidak memberikan tanggapan terkait perbedaan yang akan dihadirkan pengaturan baru ini terhadap konten sensitif potensial yang dapat ditemukan dan ditampilkan kepada pengguna Instagram.

    Deskripsi yang ditampilkan pada screenshot Facebook terkait dengan fitur ini sedikit samar. Pengaturan Limit Even More tidak berarti pengguna tidak dapat menemukan konten sensitif, hanya saja, pengguna akan menemukan konten tersebut dalam jumlah lebih sedikit.

    Menurut Facebook, pengaturan tersebut akan dapat diakses via profil, Settings, Account, dan Sensitive Content Control. Facebook menggulirkan fitur ini secara bertahap dan belum diperoleh seluruh pengguna.

    Selain itu, Facebook menyebut pengaturan ini memungkinkan konten sensitif tidak akan dapat muncul pada akun yang dimiliki oleh pengguna berusia di bawah 18 tahun.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id