comscore

Tencent Cloud Gandeng AMD Luncurkan Server Berbasis EPYC di Asia Tenggara

Cahyandaru Kuncorojati - 01 Desember 2021 08:09 WIB
Tencent Cloud Gandeng AMD Luncurkan Server Berbasis EPYC di Asia Tenggara
Ilustrasi.
Jakarta: Layanan penyedia cloud Tencent Cloud mengumumkan kemitraan terbaru dengan produsen prosesor AMD untuk mengandalkan teknologi mereka pada server terbaru bernama StarLake.

StarLake merupakan server pusat data hyperscale untuk kawasan Asia Tenggara yang menggunakan proses kelas server buatan AMD yaitu AMD EPYC. Kolaborasi ini diklaim akan mendukung komitmen Tencent Cloud menyediakan produk dan layanan infrastruktur yang aman, stabil, dan punya kinerja tinggi.
“Untuk menunjukkan dedikasi Tencent Cloud untuk selalu menyediakan produk dan layanan cloud melalui arsitektur yang sangat kompatibel serta desain yang sederhana dan andal, kami dengan bangga mengumumkan kolaborasi teknologi kami dengan AMD, pengembang prosesor dan teknologi komputer multinasional,” tutur Senior VP Tencent Cloud International, Poshu Yeung.

StarLake adalah server pertama yang dikembangkan sendiri dan dirilis oleh Tencent Cloud pada 2019 lalu, dan ditingkatkan dengan pendirian lab StarLake pada tahun 2020. Lab ini berfokus menciptakan ekosistem teknologi yang terdiversifikasi untuk menjadi sumber teknologi baru yang memenuhi kebutuhan IT di perusahaan.

Tencent Cloud telah digunakan dalam beberapa skenario bisnis Tencent sendiri, dan mengumpulkan banyak pengalaman dalam mengadopsi platform AMD salah satunya di Tiongkok.

Mereka berhasil meningkatkan kinerja dan mengurangi biaya secara keseluruhan.
Server cloud StarLake disediakan untuk menawarkan kinerja yang lebih baik dan ideal untuk pasar public cloud virtual machine (VM) maupun beban kerja private cloud.

StarLake diklaim membantu menghemat daya melalui radiasi panas yang efisien dengan resisten thermal hingga 35 persen lebih rendah dari biasanya. Rasio konsumsi daya kipas rendah hingga 2,14 persen.

Sejumlah fitur yang ditawarkan Tencent Cloud di antaranya arsitektur server cloud native yang ramping dengan komponen 20 persen lebih sedikit dibandingkan CPU tradisional, konsumsi daya lebih rendah dengan pembuangan panas thermosiphon.

Fitur lainnya di StarLake Tencent Cloud adalah total biaya kepemilikan (TCO) sebesar 40-50 persen lebih rendah dengan tingkat kegagalan perangkat keras dan waktu henti yang berkurang 20 persen dan rancang bangun anti-tamper berdasarkan trusted chain.

“Didukung oleh prosesor AMD EPYC, Tencent Cloud membantu untuk menghadirkan lingkungan cloud yang modern kepada para pengguna akhir dengan kemampuan kinerja yang terdepan, harga kinerja yang mengesankan, efisiensi tingkat tinggi, serta fitur keamanan yang canggih,” ungkap Managing Director APAC AMD, Peter Chambers.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id