Qlue Hadirkan QlueThermal untuk Hadapi New Normal

    Lufthi Anggraeni - 25 Juni 2020 08:35 WIB
    Qlue Hadirkan QlueThermal untuk Hadapi New Normal
    Qlue menghadirkan solusi QlueThermal untuk mendukung Indonesia menghadapi New Normal.
    Jakarta: Dunia saat ini tengah menghadapi wabah COVID-19 yang mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah guna menghentikan penyebaran virus via percikan air liur tersebut. Hal ini turut berdampak pada pelemahan ekonomi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

    Kini, pemerint-ah menerapkan New Normal atau kenormalan baru, memungkinkan roda ekonomi kembali berjalan, namun dengan penerapan protokol baru terkait dengan kesehatan. Ingin mendukung hal ini, Qlue menciptakan solusi QlueThermal.

    “Produk ini sebenarnya kami hadirkan sebagai persiapan untuk New Normal. Sebab, pada New Normal ini, masyarakat didorong untuk beberapa hal, termasuk pengukuran suhu semua orang yang masuk ke dalam gedung,” ujar Founder & CEO Qlue Rama Raditya.

    Dan pemerintah juga menerapkan pembatasan kapasitas pengunjung di tempat publik, tidak boleh melebihi sekitar 50 persen dari kapasitas normal, serta keharusan untuk menggunakan masker di berbagai lokasi.

    Dengan solusi barunya ini, Qlue ingin membantu mendisrupsi kondisi saat ini dengan menghadirkan cara baru untuk mengukur suhu, yang saat ini masih didominasi oleh alat pengukur suhu thermal gun. Kehadiran solusinya ini disebut Rama membantu meminimalisir kontak petugas keamanan dengan pengunjung.

    Sebab, berdasarkan pengalaman Qlue dalam memperkenalkan solusi ini kepada calon pelanggan, petugas keamanan menjadi pihak paling rentan terpapar virus korona, akibat tugasnya yang bersinggungan langsung dengan berbagai pengunjung.

    Solusi ini juga terdiri kamera pengukur suhu otomatis, serta berkemampuan untuk memotret wajah untuk mengetahui individu merupakan sekadar pengunjung atau merupakan pegawai di sebuah gedung perkantoran.

    QlueThermal juga didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI), berkemampuan untuk membantu menghitung pengunjung yang masuk dan keluar dari gedung atau lokasi penggunaan solusi. Saat ini, solusi ini telah digunakan di beberapa gedung perkantoran milik BUMN, rumah sakit dan sejumlah kantor.

    Rama menyebut pengguna QlueThermal berupa gedung perkantoran sudah mencapai lebih dari 20, sejak diperkenalkan pada awal bulan Juni lalu, dan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin banyak gedung perusahaan atau komersial yang kembali mulai beroperasi.

    Qlue berencana untuk terus meluncurkan solusi ini agar semakin banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan teknologi karyanya ini. Selain itu, Qlue juga berencana untuk memproduksi sekitar 500 perangkat.

    Saat ini, Qlue menyebut masih terfokus pada wilayah dengan kasus penyebaran COVID-19 tertinggi di Indonesia yaitu Jakarta dan wilayah Jawa Timur, meski pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk memasarkan QlueThermal di wilayah lain jika ada permintaan.

    Selain itu, Rama juga menyebut saat ini QlueThermal baru diperkenalkan kepada gedung berskala besar terlebih dahulu, mengingat jumlah pengunjung gedung lebih banyak. Namun, Rama turut menyebut bahwa solusinya ini juga sesuai untuk lokasi komersil berskala lebih kecil.

    Hal ini didorong oleh penawaran harga yang lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan penawaran sejenis dari perusahaan lain, yang umumnya berasal dari Tiongkok. Selain itu, QlueThermal juga disebut Qlue sebagai solusi lengkap, mengingat telah menyediakan perangkat yang dibutuhkan, dan tidak menyediakan per bagian saja.

    QlueThermal terintegrasi dengan solusi lain yang telah dihadirkan oleh Qlue sebelumnya, termasuk Dashboard, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan secara lebih baik, terutama oleh pihak pemerintah, dan membantu roda perekonomian kembali berjalan di tengah pandemi.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id