Microsoft Bawa Antivirus Defender di PC ke Mobile

    Cahyandaru Kuncorojati - 21 Februari 2020 15:23 WIB
    Microsoft Bawa Antivirus Defender di PC ke Mobile
    Ilustrasi. (Tom's Hardware)
    Jakarta: Microsoft jelas ingin memperluas ekosistem layanan mereka dari PC ke mobile sejalan dengan langkah merilis smartphone lipt Surface Duo. Kini mereka dikabarkan berencana membawa antivirus di PC ke aplikasi mobile untuk Android dan iOS.

    Antivirus bernama Defender yang lebih dikenal di perangkat PC atau laptop sistem operasi Windows disbeut bakal hadir untuk smartphone. Informasi yang beredar menyebutkan rencana tersebut bakal diwujudkan paling cepat akhir tahun ini.

    Dikutip dari The Verge, Microsoft dilaporkan sedang dalam tahap pengembangan. Mereka akan memamerkannya pada acara RSA Conference, konferensi tahunan bidang keamanan teknologi atau IT. 

    Sebelumnya Microsoft juga sudah menjangkau ekosistem di luar keahliannya yaitu macOS. Mereka merilis aplikasi antivirus bernama Microsoft Defender Advanced Threat Protection. 

    Banyak pihak yang menilai bahwa hadirnya Microsoft di perangkat mobile mampu membantu Apple dan Google yang selama ini kewalahan memberantas malware di perangkat mobile. Artinya, aplikasi Microsoft akan bersaing dengan banyak perusahaan keamanan di perangkat mobile saat ini.

    Boleh dibilang langkah Microsoft ini cukup terlambat, mengingat perusahaan software antivirus ternama di perangkat PC sudah lebih dulu hadir di Android sejak lama. Misalnya, AVG, Trend Micro, Avast, dan lainnya.

    Nantinya, pengguna akan menerima peringatan dari Microsoft apabila berusaha mengunjungi situs berbahaya. Hal ini didukung oleh integrasi dengan database milik sistem keamanan Microsoft di platform PC, dikutip dari Engadget.

    Kemarin, Microsoft juga secara mengejutkan merilis aplikasi Microsoft Office yang di dalamnya menyatukan aplikasi mobile lain yang sudah ada seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. 

    Aplikasi tersebut baru muncul di Google Play Store. Namun, aplikasi yang terpisah seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint masih tetap tersedia di Play Store. Di App Store platform iOS aplikasi tersebut belum tersedia. 

    Aplikasi ini dinilai bisa lebih memudahkan pengguna perangkat mobile. Mereka tidak perlu mengunduh tiga aplikasi terpisah yang akan memakan ruang memori di perangkat.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id