Sebagian Orang Masih tak Bisa Buka WhatsApp dan Instagram

    Cahyandaru Kuncorojati - 14 Maret 2019 10:55 WIB
    Sebagian Orang Masih tak Bisa Buka WhatsApp dan Instagram
    Ilustrasi. (Medium)
    Jakarta: Layanan dari bisnis Mark Zuckerberg yakni Facebook Inc. yang meliputi Facebook, WhatsApp, dan Instagram mengalami masalah sejak semalam. Meskipun banyak pengguna yang mengeluhkan, beberapa layanan masih bisa berfungsi.

    Dari pantauan Medcom.id, sejak semalam pengguna Facebook sempat mengeluhkan adanya masalah. Pengguna tidak bisa login ke Facebook dan membuat unggahan. Permasalahan yang hampir serupa juga terjadi di WhatsApp dan Instagram.

    Pada aplikasi WhatsApp, permasalahan ditemukan pada proses unggah foto yang selalu gagal. Medcom.id yang mencobanya pagi ini tidak menemukan masalah. Namun, beberapa pengguna mengaku bisa mengunduh foto tapi gagal saat mengunggah.

    Beruntungnya proses percakapan dalam bentuk teks via WhatsApp masih bisa berlangsung normal. Beberapa pengguna mengakui sama sekali tidak ada masalah. Permasalahan cukup pelik justru ditemukan pada pengguna Instagram.

    Pengguna yang masih login akun mereka menemukan pada satu titik, mereka tidak bisa memperbarui feed atau linimasa, termasuk mengakses feed yang sudah diunggah sebelumnya.

    Dari percobaan Medcom.id, gejala ini sudah terjadi sejak semalam. Pada saat berusaha mendapatkan feed beberapa jam yang lalu, proses loading akan berhenti. Ditambah muncul pernyataan bahwa proses mendapatkan feed tidak bisa dilakukan.

    Selain itu, proses unggah foto maupun video termasuk Instagram Stories juga akan gagal. Kegagalan ini terlihat seperti koneksi internet perangkat Anda kurang bagus.

    Kami akhirnya memilih logout dan melakukan cleaning cache aplikasi. Justru permasalahan juga ditemukan pada proses login. Medcom.id terus gagal masuk ke akun Instagram dan diberikan informasi bahwa ada masalah pada koneksi internet.

    Medcom.id kemudian mencoba menggunakan koneksi internet seluler maupun WiFi, namun hasilnya sama saja. Jadi bisa dibilang, Instagram menjadi layanan Facebook yang paling bermasalah hingga saat ini.

    Sejauh ini pihak Facebook masih melakukan investigasi penyebab permasalahan di seluruh layanan mereka. Terhitung pukul 10.33 WIB, sebagian pengguna Facebook dan WhatsApp masih bisa digunakan normal, dan Instagtam menjadi yang paling bermasalah.

    Dalam beberapa sumber, pihak Facebook pusat menyatakan bahwa layanan mereka tidak terkena serangan peretas atau malware. Facebook menolak akses layanan mereka dijangkiti serangan DDoS yang membuat trafik akses gagal melakukan login.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id