XL Bangun BTS 4G di Kepulauan Anambas

    Ellavie Ichlasa Amalia - 11 Maret 2019 08:48 WIB
    XL Bangun BTS 4G di Kepulauan Anambas
    Ilustrasi.
    Jakarta: Menggunakan jaringan Palapa Ring Barat, XL Axiata akan mengaktifkan jaringan 4G LTE di Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, yang masuk ke dalam kategori wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

    Dengan adanya jaringan internet cepat itu, diharapkan, ini akan bisa mempercepat pembangunan di kawasan tersebut. 

    “Pada tahap awal, baru beberapa BTS yang bisa kami tempatkan di sini. Meskipun begitu, layanan 4G LTE bisa melayani area-area yang memang sangat membutuhkan layanan internet cepat, yaitu di Tarempa dan Matak," kata Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya. 

    "Tujuan kami menyelenggarakan layanan 4G LTE di Anambas saat ini memang lebih pada membantu pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan, belum karena pertimbangan keuntungan ekonomi." 

    Yessie mengatakan, XL bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk dapat memanfaatkan Palapa Ring.

    Dengan adanya Palapa Ring, XL bisa menyediakan layanan telekomunikasi di kawasan terpencil tanpa menggunakan satelit, yang dianggap tidak menguntungkan secara biaya. Melalui Palapa Ring Barat, kecepatan koneksi internet yang bisa diberikan akan mencapai 20Mbps. 

    Pemerintah membangun Palapa Ring untuk mendorong operator menyediakan layanan telekomunikasi di kawasan yang dianggap tidak menguntungkan secara bisnis.

    Dengan adanya Palapa Ring, maka operator tidak perlu mambangun jaringan kabel fiber optik ke kawasan terpencil sendiri. Ketika kawasan terpencil dapat mengakses internet, pemerintah berharap ini akan mendorong perekonomian dan memperbaiki kondisi sosial masyarakat lokal. 

    “Kami sangat mengapresiasi langkah XL Axiata yang terus memperluas jaringan data hingga ke pelosok-pelosok daerah, dan saat ini sedang menyiapkan layanan 4G di Anambas dengan memanfaatkan backbone Palapa Ring Barat," kata Direktur Utama BAKTI, Anang Achmad Latif. 



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id