Tab Khusus Twitter Jadi Wadah Kicauan Pemilu 2019

    Lufthi Anggraeni - 17 April 2019 14:59 WIB
    Tab Khusus Twitter Jadi Wadah Kicauan Pemilu 2019
    Masyarakat Indonesia turut memeriahkan Pemilihan Umum 2019 di ranah Twitter.
    Jakarta:  Indonesia tengah merayakan ajang demokrasi terbesar pada tahun 2019 pada hari ini Rabu, 17 April 2019. Kemeriahan perayaan pemilihan pemimpin negara dan wakil rakyat tersebut juga diboyong masyarakat melalui media sosial.

    Jika sebelumnya Instagram menghadirkan stiker bertema Pemilihan Umum (Pemilu) di aplikasinya, Twitter juga tidak mau ketinggalan. Twitter sebelumnya telah dikenal masyarakat luas menghimpun berbagai unggahan tweet dari pengguna dengan penggunaan tagar yang sama.

    Pada Pemilu ini, pengguna Twitter tidak perlu mengakses tab Search terlebih dahulu untuk mengetahui tagar yang banyak digunakan dalam memeriahkan ajang demokrasi ini. Twitter menghadirkannya dalam bentuk kartu yang tersemat di bagian atas layar halaman linimasa aplikasinya.

    Twitter menampilkan tagar paling banyak digunakan dengan gambar ilustrasi, didampingi oleh kartu bertuliskan Show More. Menekan kartu tersebut akan membawa pengguna ke halaman tab Search, dengan tagar terkait Pemilu lain yang menjadi Trending Topic di Indonesia.

    Kartu tagar 2019 Indonesian Presidential Election merupakan kartu utama yang menjadi wadah Twitter, untuk menghimpun tagar Pilpres2019 dan Pemilu2019. Unggahan ini tidak hanya berasal dari pengguna Twitter di Indonesia, juga pengguna asal negara lainnya.

     
    Sayangnya, kartu tersebut hanya tersedia pada aplikasi Twitter dan situs versi mobile, dan tidak tersedia pada Twitter versi peramban baik di desktop maupun di mobile. Pengguna dapat menemukan tanda khusus menyerupai kertas memegang paku di sebelah tagar tersebut, di kolom Trending Topics.

    Umumnya, pengguna mengunggah foto jari mereka yang telah tercelup tinta biru sebagai tanda telah memilih. Namun unggahan sejumlah media baik lokal maupun internasional yang mengawasi jalannya pemilu turut muncul di halaman kartu tersebut.

     
    Sementara itu pada halaman Trending Topic, tagar TheVictoryofPrabowo menempati posisi pertama dengan jumlah unggahan tweet saat artikel ini ditulis, dengan jumlah cuitan mencapai 37.100 tweet.

    Sedangkan posisi kedua ditempati oleh tagar JagaTPSKawalHasilSuara menempati posisi kedua digunakan oleh sebanyak 48.500 unggahan tweet. Kartu utama 2019 Indonesian Presidential Election menempati posisi ketiga di Trending Topic hari ini.

    Kartu tersebut memiliki jumlah unggahan mencapai 43.300 tweet, diikuti tagar SiapapunPresidennya di posisi keempat dengan jumlah tweet sebanyak 16.900 unggahan.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id