Helio P90 Diklaim Kalahkan Snapdragon dan Kirin

    Cahyandaru Kuncorojati - 02 Mei 2019 16:49 WIB
    Helio P90 Diklaim Kalahkan Snapdragon dan Kirin
    MediaTek Helio P90.
    Jakarta: Teknologi  kecerdasan buatan ditawarkan sebagai pendukung smartphone menjadi lebih pintar, dari sekadar kemampuan multifungsi yang selama ini diperkenalkan.

    Produsen prosesor smartphone juga bergegas untuk memamerkan kehebatannya untuk menarik minat vendor smartphone menjadi klien mereka. Salah satunya adalah MediaTek yang dianggap di Indonesia lebih terkenal di smartphone kelas menengah dan entry level.

    Senior Manager Corporate Sales Asia & Africa MediaTek, Pang Sui Yen menyebut misi MediaTek menyebarkan dukungan teknologi AI juga akan sangat kencang di perangkat smartphone. Senjatanya adalah Helio P90.

    "Kemampuan AI dari MediaTek sudah hadir lewat Helio P60 di beberapa smartphone yang juga dipasarkan di Indonesia. Helio P70 membawa peningkatan AI hingga 30 persen dibandingkan generasi sebelumnya. Sementara Helio P90 akan lebih hebat lagi," tutur Yen.

    Salah satu halaman presentasinya menampilkan tangkapan layar berisi skor benchmark kemampuan dari prosesor atau SoC yang ada di smartphone. Hasilnya, kemampuan AI MediaTek Helio P90 mengalahkan prosesor tertinggi Qualcomm Snapdragon dan Kirin Huawei.

    Helio P90 Diklaim Kalahkan Snapdragon dan Kirin

    "Benchmark MediaTek memang masih kalah soal kecepatan tapi untuk kemampuan AI kami lebih unggul. Mungkin Anda familiar dengan benchmarking AnTuTu tapi aplikasi ini belum mampu mengukur kemampuan teknologi AI," tutur Yen.

    Diperlihatkan tabel perbandingan performa dari lembaga ETH Zurich asal Switzerland di situs ai-benchmark.com. Sementara Qualcomm Snapdragon 855 di angka 18.924 poin. Keluarga Samsung Galaxy S10 dan Xiaomi Mi 9 menggunakannya.

    Sementara Huawei HiSilicon Kirion 980 di skor 16.664 poin. Prosesor atau SoC ini digunakan pada jajaran smartphone flagship Huawei dan sub-brand Honor. Misalnya, keluarga Huawei Mate 20 Series dan Huawei P30 Series.

    Prosesor buatan Samsung yaitu Exynos 9820 yang digunakan di keluarga Samsung Galaxy S10 memperoleh skor 7.288 poin. Perlu dicatat bahwa hanya negara tertentu yang mendapatkan Samsung Galaxy S10 dengan prosesor tersebut.

    Prosesor MediaTek Helio P90 pertama kali diperkenalkan pada Desember 2018. Produk ini memiliki arsitektur octa-core ARM Cortex-A75 yang membuatnya berjalan di kecepatan 2,2GHz dan enam prosesor Cortex-A55 2,0GHz. MediaTek belum mau menyebut smartphone pertama yang akan menggunakan Helio P90 di tahun ini.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id