Saat Pandemi Tetap Bisa Olahraga, Caranya?

    Lufthi Anggraeni - 19 November 2020 10:10 WIB
    Saat Pandemi Tetap Bisa Olahraga, Caranya?
    Ilustrasi: Freepik
    Jakarta: Pandemi mengubah gaya gaya hidup banyak orang. Tak hanya gaya kerja, masyarakat juga harus menyesuaikan cara berinteraksi atau beraktivitas di luar rumah.

    Tujuannya tak lain demi mencegah penyebaran Covid-19. Olahraga termasuk salah satu aktivitas yang terkena dampaknya, terutama untuk mereka gemar berolahraga di luar ruangan.

    Namun, ini tak seharusnya menghalangi Anda untuk menjaga kebugaran. Banyak jenis olahraga yang memanfaatkan ruangan terbatas, termasuk di rumah. Jika tak berolahraga, Anda juga dapat menjalankan berbagai aktivitas yang bisa membakar kalori. Begitu juga dengan jam istirahat yang tak boleh berkurang karena bekerja dari rumah.

    Satu aplikasi yang dapat memantau dan membantu Anda menjaga kebugaran adalah Samsung Health. Tersedia secara bawaan di Galaxy A51 dan Galaxy A71, aplikasi ini berperan sebagai fitness tracker atau pelacak kebugaran. Sebenarnya, cukup banyak fitur yang ditawarkan. Jika ingin lebih, ia juga menyediakan berbagai tantangan untuk diselesaikan penggunanya.

    Dari aspek kebugaran, ia tak sekadar menghitung langkah, tetapi juga memantau berapa banyak kalori yang terbakar dan aktivitas yang telah dilakukan dalam satu hari. Agar tak lupa dengan nutrisi yang diperlukan tubuh, Samsung Health juga dapat memantau jumlah konsumsi air, hingga kadar gula, kafein, dan oksigen dalam darah.

    Masa WFH tentunya juga harus menjaga jam tidur. Aplikasi ini menyediakan dukungan tersebut dalam bentuk pemantauan kualitas tidur yang memanfaatkan wearable seperti Galaxy Watch3.

    Saat tertidur, perangkat akan memantau irama detak jantung dan gerakan tubuh, yang kemudian tersinkronisasi dengan aplikasi saat terbangun. Dari sini akan terlihat apakah kualitas tidur Anda sudah tepat, atau masih perlu perbaikan. Samsung Health akan memberikan rekomendasi apa yang bisa dilakukan demi menambah kualitas tidur.

    Untuk konsumen perempuan, Samsung Health juga menyediakan fitur yang dapat memantau siklus mereka. Dalam konteks ini, ia dapat menjadi pengingat masa menstruasi pengguna, dan memberikan prediksi kapan siklus berikutnya masuk.

    Aplikasi ini juga akan memberikan beberapa masukan dalam kebiasaan sehari-hari, seperti jam tidur. Tujuannya agar pengguna punya persiapan yang mungkin bisa dilakukan demi menghadapi rasa sakit di hari pertama siklus.

    Semua fitur Samsung Health memanfaatkan wearable seperti Galaxy Watch3, dan ia juga bisa terhubung dengan beberapa aplikasi lainnya yang telah bekerja sama. Jangan khawatir akan kebocoran data.

    Samsung tentunya telah menanamkan sistem keamanan khas Knox, yang kini juga hadir di semua jajaran smartphone kelas menengah Samsung. Anda tak perlu khawatir akan kebocoran data pribadi, termasuk statistik yang telah tersimpan pada Samsung Health.

    Aplikasi ini langsung tersedia pada Galaxy A51 dan Galaxy A71. Keduanya hadir dengan bodi berukuran tipis dan berlayar luas. Tampilannya juga tak kalah mewah dengan rumpun Galaxy kelas premium, tak lupa dengan spesifikasi dan kemampuan kamera terbaik di kelas menengah.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id