YouTube Mulai Gulirkan Dukungan Resolusi 4K untuk Apple TV 4K

    Lufthi Anggraeni - 06 Oktober 2020 10:47 WIB
    YouTube Mulai Gulirkan Dukungan Resolusi 4K untuk Apple TV 4K
    YouTube 4K mulai menggulirkan dukungan untuk pemutaran konten beresolusi 4K ke Apple TV 4K.
    Jakarta: YouTube mulai menggulirkan dukungan resolusi 4K untuk perangkat Apple TV dengan kompatibilitas 4K. Informasi ini disampaikan oleh sejumlah pengguna Reddit yang membagikan tangkapan layar atau screenshot dari dukungan tersebut.

    Mengutip GSM Arena, tangkapan layar ini menampilkan video 24/30fps tersedia dalam resolusi full 4K. Namun informasi ini mengindikasikan bahwa hanya video 60fps yang tersedia dengan resolusi hingga 1440p. Dan menurut statistik YouTube, seluruh video ini hanya diputar di codec VP9 milik Google.

    Salah satu kelalaian besar pada pengguliran kemampuan baru ini adalah HDR, sebab bahkan saat memutar video yang diunggah dalam format HDR, YouTube masih menyuguhkan versi SDR. Saat Apple TV 4K diluncurkan pada tiga tahun lalu, dan mendukung pemutaran pada resolusi HDR 4K di sebagian besar layanan terkecuali YouTube.

    Hal ini karena YouTube menggunakan codec VP9 milik Google untuk semua video dengan resolusi di atas 1080p, dan perangkat diharuskan memiliki hardware atau software decoding untuk memutar konten tersebut. Hardware decoding VP9 tidak tersedia di silikon Apple dan aplikasi YouTube tidak didukung software decoding itu.

    Akibat permasalahan ini, pengguna Apple TV 4K tidak dapat menikmati konten YouTube beresolusi 4K selama tiga tahun. Hal ini terjadi hingga awal tahun 2020, saat Apple mengumumkan bahwa YouTube 4K akan tersedia di Apple TV 4K di tvOS 14.

    Seperti yang dijanjikan, fitur ini secara perlahan telah mulai digulirkan kepada seluruh pengguna, dan video ini disuguhkan via VP9, artinya tvOS atau pemutar YouTube untuk Apple TV berbekal codec dalam bentuk software.

    Hal ini tentu saja tidak sepele, terutama pada resolusi ini yang mungkin menjadi alasan hanya video 30fps mendukung pemutaran dalam resolusi 4K, sedangkan video 60fps mendukung resolusi pemutaran hingga 1440p.

    Selain itu, Apple TV 4K dan YouTube 4K ini tidak didukung resolusi HDR sebab membutuhkan pemrosesan tambahan. Sebagai pengingat, Apple TV 4K didukung chipset A10X berusia tiga tahun dan didasarkan pada chipset A10 berusia empat tahun.

    Karena Apple tidak benar-benar pernah menjanjikan HDR, maka resolusi ini diperkirakan tidak akan tersedia di pemutar YouTube di Apple TV 4K. Belum tersedia informasi pasti menyoal batasan resolusi dan frame rate akibat pembatasan daya pemrosesan atau hanya terjadi pada pengguliran tahap awal.

    Dan hingga saat ini, belum banyak pengguna menerima update menyoal hal ini yang dilakukan di sisi server. Pengguna juga tidak memiliki pilihan selain menunggu hingga update muncul di akun Apple dan YouTube mereka.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id