realme Tegaskan IMEI Produknya Sudah Terdaftar

    Lufthi Anggraeni - 15 Oktober 2020 12:45 WIB
    realme Tegaskan IMEI Produknya Sudah Terdaftar
    realme Indonesia menegaskan bahwa nomor IMEI smartphone realme di Tanah Air sudah terdaftar.
    Jakarta: realme menegaskan bahwa nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) seluruh smartphone yang dipasarkannya di Indonesia telah terdaftar di mesin Centralized Equipment Identity Register (CEIR) milik pemerintah, seperti yang disampaikan pada acara peluncuran reamle 7 Pro dan C17.

    "IMEI produk yang kita luncurkan sampai hari ini semua pasti aman, karena sudah terdaftar. Dan produk realme hingga akhir 2020 dijamin tidak akan diblokir karena kami sudah mempersiapkan kedatangan produk kami sejak jauh hari," ujar PR Manager Realme Indonesia Krisva Angnieszca.

    Karenanya, Krisva menyebut konsumen tidak perlu risau dan khawatir perangkat realme yang mereka beli akan diblokir oleh operator seluler. Namun realme mengimbau pengguna yang mengalami permasalahan terkait IMEI pada produk untuk menghubungi layanan konsumen resmi realme.

    realme menyebut akan memeriksa dan memastikan permasalahan yang dialami pengguna terlebih dahulu sebelum mengambil langkah selanjutnya. Namun hingga saat ini, realme Indonesia mengklaim bahwa pihaknya belum menerima laporan menyoal temuan IMEI perangkatnya belum terdaftar di CEIR.

    Selain itu, realme juga menegaskan bahwa perusahaannya menjalin komunikasi secara intensif dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Kementerian Perindustrian (Kemenperin), guna memastikan nomor IMEI dari produk yang dipasarkan di Tanah Air selanjutnya masih bisa terdaftar hingga akhir tahun.

    Sebelumnya, informasi yang beredar menyebut bahwa kapasitas mesin CEIR untuk menyimpan data nomor IMEI hampir penuh, sehingga menghambat registrasi. Namun, awal pekan ini, Kominfo menegaskan bahwa kapasitas mesin CEIR cukup untuk menampung IMEI ponsel baru.

    Mesin CEIR dibangun oleh Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI), dan dikelola oleh Kominfo dan Kemenperin. Sebagai pengingat, regulasi pengendalian IMEI disahkan pada tanggal 15 September 2020 lalu, oleh Kominfo, Kemenperin, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan didukung operator seluler.

    Pemerintah menegaskan bahwa pengendalian IMEI pada perangkat telekomunikasi dilakukan dalam rangka perlindungan konsumen, sekaligus memberikan kepastian hukum kepada operator dalam menghubungkan perangkat yang sah ke jaringan telekomunikasi.

    (MMI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id