Kebijakan Privasi Baru WhatsApp yang Berlaku Mulai 15 Mei 2021

    Lufthi Anggraeni - 04 Mei 2021 09:07 WIB
    Kebijakan Privasi Baru WhatsApp yang Berlaku Mulai 15 Mei 2021
    WhatsApp menyampaikan sejumlah informasi terkait kebijakan privasi barunya yang berlaku mulai 15 Mei 2021.



    Jakarta: Secara bertahap, WhatsApp akan meminta pengguna untuk menyetujui ketentuan dan kebijakan privasi baru, yang semula direncanakan untuk meluncur pada tanggal 8 Februari 2021 lalu, sebelum diundur hingga 15 Mei akibat kritik yang diterimanya.

    Dalam notifikasi yang digulirkan, WhatsApp menyampaikan sejumlah pembaruan, meliputi informasi terkait layanan WhatsApp dan cara perusahaan tersebut dalam mengolah data. Selain itu, WhatsApp juga menyampaikan cara bisnis menggunakan layanan yang disediakan oleh Facebook untuk menyimpan dan mengelola chat WhatsApp.






    WhatsApp juga menyampaikan caranya dalam bermitra guna menawarkan integrasi produk layanannya. Selain itu, WhatsApp juga menegaskan bahwa kebijakan akan memungkinkan pengguna terhubung dengan lebih banyak bisnis baik akun atau nomor bisnis.

    Menurut WhatsApp, hal ini akan membantu menyelesaikan berbagai hal atau persoalan dengan lebih cepat, dibandingkan melalui telepon atau surat. Meskipun demikian, ketentuan ini bersifat opsional, sehingga pengguna dapat memutuskan untuk menerima atau menolak layanan.

    Pengguna juga disebut memiliki keleluasaan untuk memblokir atau menghapus bisnis dari daftar kontak. Selain itu dengan kebijakan baru ini, WhatsApp juga memberitahu pengguna lebih banyak detail terkait caranya dalam mengelola informasi.

    WhatsApp turut menyampaikan bahwa pihaknya telah menambahkan informasi lebih lanjut ke sejumlah bagian tertentu dari Kebijakan Privasinya, dan menambahkan bagian baru. Selain itu, WhatsApp juga menyebut bahwa tata letak Kebijakan Privasi dibuat menjadi lebih sederhana untuk mempermudah pengguna dalam menelusurinya.

    Meskipun demikian, WhatsApp menegaskan bahwa ada hal yang tidak berubah meski kebijakan privasi baru ini diterapkan. Hal tersebut termasuk privasi dan keamanan chat pribadi dengan keluarga atau rekan.

    Selain itu, WhatsApp memastikan bahwa pengguna merupakan pemegang kendali terkait keputusan berbagi nomor ponsel dengan akun bisnis, dan memiliki kuasa penuh untuk memblokir akun bisnis di saat inginkan.

    Perusahaan yang dinaungi Facebook ini menegaskan bahwa kebijakan yang diterapkannya ini melarang bisnis untuk menghubungi pengguna via layanan tanpa persetujuan pengguna. Selain itu, WhatsApp juga memiliki fitur privasi tambahan guna menambah kenyamanan pengguna.

    Penerimaan pengguna atas ketentuan layanan baru ini ditegaskan WhatsApp tidak akan memperluas kewenangannya dalam membagikan data pengguna dengan induk perusahaannya, Facebook.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id