comscore

Samsung Memulai Produksi Chipset 3nm Generasi Pertama

Lufthi Anggraeni - 01 Juli 2022 11:42 WIB
Samsung Memulai Produksi Chipset 3nm Generasi Pertama
Samsung Foundry mengumumkan telah memulai produksi massal chipset generasi pertamanya pada node 3nm.
Jakarta: Samsung Foundry mengumumkan pihaknya telah memulai produksi massal chipset generasi pertamanya pada node 3nm. Chipset ini berbasis pada arsitektur transistor Gate-All-Around (GAA) baru, merupakan langkah selanjutnya setelah FinFET.

Mengutip GSM Arena, jika dibandingkan dengan 5nm, chipset 3nm generasi pertama Samsung dapat menyuguhkan performa lebih baik hingga 23 persen, pengurangan konsumsi daya hingga 45 persen dan pengurangan area permukaan hingga 16 persen.
Node 3nm generasi kedua Samsung diklaim akan lebih impresif, jika dibandingkan dengan 5nm. Samsung mengklaim chipset ini akan mampu mencapai pengurangan konsumsi daya hingga 50 persen, peningkatan performa hingga 30 persen dan pengurangan area hingga 35 persen.

Kini, Samsung lebih unggul jika dibandingkan dengan TSMC, yang diperkirakan akan memulai produksi massal chipset 3nm karyanya pada semester kedua tahun 2022 ini. Sebagai informasi, desain transistor GAA memungkinkan manufaktur memperkecil ukuran transistor, tanpa mengganggu kemampuan untuk mengusung transistor saat ini.

Sebelumnya, Samsung Electronics memperkenalkan ISOCELL HP2 200MP, sensor gambar dengan piksel 0,56 mikrometer (μm), diklaim sebagai yang terkecil di industri. Sensor ini mengusung piksel 12 persen lebih kecil, diklaim mampu mengurangi area modul kamera hingga 20 persen.

ISOCELL HP3 mengusung ukuran piksel 12 persen lebih kecil dari pendahulunya yang berukuran 0,64μm dan mengemas 200 juta piksel dalam format optik 1/1.4”, memungkinkan produsen smartphone untuk menjaga perangkat premium agar tetap ramping.

Sementara itu, Rumor menyebut bahwa kedua model perangkat tersebut akan mengusung kamera depan versi lebih baik, namun tidak demikian dengan kamera telefoto di bagian belakang. Baik Samsung Galaxy S23 maupun Galaxy S23+ dikabarkan akan mengusung kamera telefoto beresolusi sama dengan Galaxy S22 dan S22+ yaitu 10MP.

Kamera tersebut dikabarkan akan berbekal kemampuan zoom 3x, serupa kamera pada smartphone unggulan yang dirilis pada tahun ini. Informasi yang beredar turut menyebut bahwa kesamaan soal kamera pada dua generasi smartphone unggulan Samsung tersebut juga dapat ditemukan pada setup kamera, termasuk penggunaan sensor gambar yang sama.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id