comscore

Kominfo dan Traveloka Berkomitmen Bangun SDM Digital

Lufthi Anggraeni - 25 Mei 2022 10:59 WIB
Kominfo dan Traveloka Berkomitmen Bangun SDM Digital
Kominfo dan Traveloka menegaskan komitmen dalam membangun SDM digital di Indonesia.
Jakarta: Pemerintah dan Traveloka berkomitmen membangun sumber daya digital Indonesia via pelatihan keterampilan di berbagai tingkatan. Hal ini ditujukan untuk mempercepat agenda transformasi digital nasional.

“Traveloka dan pemerintah berkomitmen membangun talenta digital di Indonesia, mengambil bagian program basic skill tahun 2022, tanpa SDM digital yang memadai ruang digital tentu tidak maksimal,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate usai bertemu Presiden Traveloka Caesar Indra.
Pada ajang World Economy Forum di Davos, Swiss lalu, Johnny turut menyebut bahwa arti penting sosialisasi teknologi digital guna meningkatkan perekonomian Indonesia, terutama untuk menumbuhkan semangat berwirausaha agar semua pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia paham soal teknologi.

Sosialisasi teknologi digital ini juga disebut membantu pemerintah mempercepat transformasi digital. Selain itu, Johnny juga menegaskan bahwa potensi ekonomi digital Indonesia sangat luar biasa besar.

Johnny menyebut bahwa seluruh sektor ekonomi digital berkontribusi positif selama tiga kuartal berturut-turut pada tahun 2020 lalu. Valuasi ekonomi digital di Indonesia mencapai 40 persen dari valuasi keseluruhan di kawasan ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut Menkominfo turut mendorong perusahaan teknologi di Indonesia untuk memprioritaskan produksi dalam negeri guna memperkuat ekonomi digital nasional.

Selain itu guna mendukung agenda transformasi digital, Kementerian Kominfo telah melakukan pengembangan sumber daya digital di Indonesia melalui berbagai program.

Melalui Gerakan Nasional Literasi Digital, Kementerian Kominfo mempersiapkan sumber daya manusia dengan keterampilan digital dasar sebanyak 12,6 juta peserta, dan menargetkan mencapai 5,5 juta peserta pada tahun 2022 ini.

Selain itu melalui Digital Talent Scholarship, Kementerian Kominfo mempersiapkan keterampilan digital menengah, menjangkau 223.000 peserta hingga tahun 2021 dan menargetkan mencapai 200.000 peserta tahun 2022.

Sementara itu pada pengembangan keterampilan digital tingkat lanjut, Kementerian Kominfo menyebut bahwa program Digital Leadership Academy telah memberikan pelatihan untuk sebanyak 370 peserta.

(MMI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id