Google Doodle Hari Ini, Siapa Go Tik Swan?

    Cahyandaru Kuncorojati - 11 Mei 2021 10:06 WIB
    Google Doodle Hari Ini, Siapa Go Tik Swan?
    Google Doodle Hari Ini menampilkan Go Tik Swan.



    Jakarta: Google Doodle kembali muncul hari ini di halaman utama pencarian Google. Google Doodle merupakan ilustrasi atau animasi yang muncul menggantikan logo Google yang biasanya muncul. Informasi mengenai Google Doodle hari ini bisa diketahui dengan mengklik atau menekan bagian tersebut.

    Di sini tercantum bahwa Google Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-90 dari Go Tik Swan dengan memperlihatkan sebuah motif kain batik dengan corak yang menyamarkan tulisan “Google” dan dilengkapi ornamen burung serta flora.

     



    Di sebelah kanan tampil sosok seorang kakek dengan pakaian adat Jawa, siapa dia? Apakah dia yang dimaksud dengan nama Go Tik Swan? Jadi Go Tik Swan merupakan nama dari budayawan Tionghoa yang juga dikenal sebagai K.R.T. Hardjonagoro.

    Dia lahir dari keluarga Tionghoa yang juga merupakan pengusaha batik di Solo, Jawa Tengah pada tahun 1931 tanggal 11 Mei. Swan merupakan nama kecilnya. Dia kemudian memperdalam kecintaannya pada batik dan budaya Jawa dengan berkuliah di Sastra Jawa, Universitas Indonesia.

    Di program studi tersebut dia juga mempelajari seni tari. Di kesempatan itu dia kemudian berkenalan dengan Presiden Soekarno dan dipercaya untuk menciptakan sebuah gaya seni membatik yang baru yang bisa mewakili keberagaman sekaligus persatuan Indonesia, dikutip dari situs Google Doodle.

    Go Tik Swan sendiri dikenal sebagai pakar seni mendesain kain dengan lilin panas atau yang kini kita kenal sebagai batik. Menurut informasi yang dikumpulkan, kedekatannya dengan keluarga Keraton Solo saat itu membuatnya bisa menemukan kembali pola atau motif batik lama yang kemudian dihadirkan kembali dengan pewarnaan baru.

    Di sini, Swan juga menggabungkan beberapa jenis motif batik lokal yang populer di berbagai wilayah Jawa menjadi sebuah motif baru. Nama kecilnya berubah setelah diberikan nama baru yaitu K.R.T. Hardjonagoro diberikan oleh pihak Keratan Solo atas kontribusi dan dedikasinya terhadap budaya Jawa.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id