Komponen Memori SSD dan Hard Disk Bakal Jadi Korban Aset Kripto Terbaru

    Cahyandaru Kuncorojati - 19 April 2021 11:06 WIB
    Komponen Memori SSD dan Hard Disk Bakal Jadi Korban Aset Kripto Terbaru
    Ilustrasi.



    Jakarta: Komponen hardware kartu grafis diprediksi tidak akan menjadi satu-satunya benda yang langka akibat kegiatan mining atau tambang aset kripto alias cryptocurrency. Komponen memori data seperti SSD dan hard disk (HDD) dipastikan akan bernasib sama.

    Prediksi ini muncul setelah dilaporkan adanya jenis aset kripto bernama Chia yang bisa ditambang tidak mengandalkan GPU di kartu grafis melainkan perangkat memori alias storage seperti SSD maupun HDD.






    Dikutip dari WCCFTech, media lokal Tiongkok bernama HKEPC melaporkan adanya tren pembelian perangkat memori atau storage dalam jumlah besar karena munculnya aset kripto baru bernama Chia yang diciptakan oleh pendiri BitTorrent yaitu Bram Cohen.

    Laporan menyebutkan bahwa aksi memborong perangkat HDD dan SSD sudah sangat besar atau dalam pertanda bahaya bagi pasokan ketersediaan produk di pasar.

    Chia mengandalkan perangkat storage untuk mining karena diklaim lebih hemat konsumsi daya, harga perangkat yang lebih murah serta lebih tersedia jumlahnya dibandingkan menambang pada GPU kartu grafis.

    Proses mining aset kripto Chia dilakukan lewat kegiatan writing dan reading di memori atau storage. Makanya selain kecepatan maka daya tahan perangkat memori sangat dibutuhkan dalam kegiatannya.

    Laporan mengklaim bahwa jenis perangkat memori seperti SSD dan HDD yang diburu oleh miner atau pelaku mining bukan jenis consumer melainkan kelas server karena punya daya tahan tinggi dan usia yang awet.

    Hal ini menandakan bahwa kebutuhan storage untuk server akan ikut merasakan dampak buruk dari tren aset kripto. Sejumlah storage dari ukuran kapasitas 4TB hingga 18TB disebut sudah diburu dan diprediksi harganya akan meroket akibat kelangkaan.

    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id