Literasi Internet Bisa Diajarkan di Mata Pelajaran Komputer

    Ellavie Ichlasa Amalia - 05 Juli 2018 18:53 WIB
    Literasi Internet Bisa Diajarkan di Mata Pelajaran Komputer
    Tik Tok bisa menyebabkan masalah pada anak.
    Jakarta: Aplikasi Tik Tok memiliki dampak buruk bagi anak, menurut Ketua Indonesia Child Protection Watch (ICPW). Dia menyebutkan, aplikasi seperti Tik Tok mendorong masyarakat untuk melakukan hal yang tidak wajar atau tidak sesuai dengan norma.

    Lalu, bagaimana cara untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang konten yang boleh mereka bagikan melalui platform seperti Tik Tok? Menurut ahli teknologi informasi, Onno W. Purbo, cara terbaik yang bisa digunakan adalah melaui mata pelajaran komputer di sekolah.

    "Cara aling efektif dan murah ya lewat mata pelajaran komputer di sekolah," kata pria yang akrab dengan panggilan Onno ini.

    "Sayang Diknas membuang mata pelajaran komputer dari kurikulum. Sekarang, ktia menjadi bingung tentang bagaimana cara mengajarkan hal-hal seperti ini ke anak didik."

    Ketika memblokir Tik Tok, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudianara juga menyebutkan bahwa dia tidak keberatan untuk membiarkan masyarakat kembali mengakses layanan tersebut asalkan isi kontennya bersih dan tidak mengandung pornografi atau hal-hal terlarang lain.

    Onno membandingkan Tik Tok dengan platform siaran video seperti YouTube. "Sebetulnya, kalau di YouTube, ada mekanisme flagging," katanya.

    "Pengguna bisa memberi tanda pada YouTube jika sebuah konten harus di-take down. YouTube juga melakukan patroli untuk mencari konten yang tidak baik."

    Dia menyebutkan, dengan begitu, YouTube berhasil memastikan bahwa konten yang ada di layanannya tetap bersih.



    (MMI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id